5 Penyebab Performa Laptop Lemot yang Sering Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

5 Penyebab Performa Laptop Lemot yang Sering Tidak Diketahui Kebanyakan Orang – Kebanyakan orang sering mengeluh mengenai performa laptop yang semakin lama semakin lemot. Laptop yang lambat atau lemot memang seringkali membuat pekerjaan menjadi terhambat dan juga membuat jengkel.

Ada cukup banyak sekali penyebab performa laptop lemot. Sebenarnya penyebab menurunnya performa laptop tersebut bisa diatasi sendiri. Mau tau sebenarnya apa saja yang membuat laptop anda menjadi lambat?

Berikut ini adalah 5 macam penyebab performa laptop lemot yang sering tidak diketahui oleh kebanyakan orang:

  1. Lemahnya fungsi hard disk

Penyebab performa laptop lemot yang pertama biasanya disebabkan oleh lemahnya fungsi dari tempat penyimpanan data atau lebih dikenal dengan hard disk.

Hal ini biasa terjadi terutama pada laptop yang masih menggunakan tipe hard disk kuno. Hard disk yang masih menggunakan teknologi piringan memang semakin lama akan semakin lambat kinerjanya.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal seperti ada bagian piringan yang lecet atau bahkan poros hard disk yang sudah mulai aus.

Untuk mengatasi masalah lemahnya fungsi hard disk ini, anda bisa mengganti hard disk lama yang digunakan oleh laptop anda menggunakan hard disk teknologi baru yang disebut dengan SSD.

SSD jauh lebih awet dibandingkan dengan HDD. Hal tersebut dikarenakan SSD tidak menggunakan piringan seperti HDD. SSD menggunakan chipset layaknya flashdisk.

  1. Kapasitas penyimpanan di dalam hard disk sudah habis

Selain lemahnya fungsi dari hard disk, penyebab performa laptop lemot juga bisa dikarenakan penuhnya kapasitas penyimpanan hard disk.

Perlu anda ketahui, sistem operasi tidak akan berjalan secara optimal jika hard disk sudah terlalu penuh dengan data.

penyebab kinerja laptop turun 300x158 - 5 Penyebab Performa Laptop Lemot yang Sering Tidak Diketahui Kebanyakan Orang

Oleh sebab itu, sebaiknya kosongkan hard disk partisi C dimana anda menginstal sistem operasi. Dengan mengkhususkan partisi C di dalam hard disk untuk sistem operasi saja, kemungkinan besar anda tidak akan mengalami masalah penurunan performa laptop.

  1. Laptop terlalu banyak menjalankan program secara bersamaan

Laptop dengan spesifikasi sebaik apapun cepat atau lambat akan mulai terasa lambat jika anda terlalu banyak menginstal aplikasi yang otomatis berjalan setelah laptop dihidupkan. Hal ini semakin diperparah dengan menjalankan program lain secara bersamaan.

Memang laptop jaman sekarang sudah mendukung kegiatan multitasking karena prosesor yang digunakan minimal sudah memiliki otak ganda. Namun bukan berarti anda bisa menjalankan berbagai macam program secara bersamaan.

Menjalankan berbagai macam program secara bersamaan hanya akan membuat laptop anda menjadi semakin terasa lemot.

  1. Kapasitas memori RAM yang semakin menipis

Penyebab performa laptop lemot tidak hanya karena kapasitas penyimpanan di dalam hard disk mulai menipis. Laptop lemot juga bisa disebabkan karena kapasitas memori RAM mulai menipis.

Kapasitas memori RAM biasanya semakin menipis karena ada cukup banyak program yang berjalan di background sistem operasi. Jadi program tersebut secara otomatis akan berjalan setelah laptop anda dihidupkan.

Program-program yang berjalan di background sistem operasi tersebut biasanya dari bawaan program yang sudah anda install di dalam laptop.

Jika memang semua software yang anda install di dalam laptop sangat anda butuhkan, maka solusi terbaik untuk mengatasi masalah lemotnya laptop karena menurunnya kapasitas memori RAM ini hanya dengan menambah kapasitas memori RAM laptop anda.

  1. Terlalu banyak fitur sistem operasi yang terpasang

Performa laptop lemot juga sering dialami oleh pengguna sistem operasi windows 10. Microsoft memang sedang gencar-gencarnya melakukan optimasi pada sistem operasi Windows 10.

Hal tersebut bisa anda lihat dengan seringnya laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 meminta update. Proses update sistem operasi Windows 10 ini memang bisa dilakukan sambil anda menggunakan laptop.

Namun demikian, hal tersebut justru akan membuat laptop anda terasa semakin lemot. Oleh sebab itu, bagi anda pengguna sistem operasi Windows 10 sangat disarankan untuk membuat jadwal update di luar waktu anda menggunakan laptop sehingga anda tidak merasakan laptop menjadi lemot selama anda gunakan.

Sudah paham bukan apa saja yang menyebabkan performa laptop lemot itu? Sebenarnya jika anda bisa mengurangi penurunan kecepatan laptop jika sudah mengetahui apa saja penyebabnya.

Comments