Cara Mengatasi Komputer Blue Screen of Death yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Cara Mengatasi Komputer Blue Screen of Death yang Bisa Anda Lakukan Sendiri – Kondisi Komputer yang tiba-tiba blue screen of death (BSOD) adalah salah satu masalah serius yang bisa dikatakan paling ditakutkan oleh kebanyakan orang awam pengguna sistem operasi Windows. Hampir semua orang yang menggunakan komputer pasti akan langsung panik ketika melihat layar monitor berubah menjadi biru beserta ada banyak tulisan aneh di dalamnya.

Ya, memang komputer blue screen merupakan pertanda bahwa ada masalah serius yang dialami oleh komputer anda. Namun sebenarnya hal tersebut masih bisa diatasi dengan mudah.

Kebanyakan orang yang mengalami masalah komputer blue screen hampir selalu langsung beranggapan bahwa komputer yang mereka miliki sudah tidak bisa digunakan atau perlu dibawa ke tukang servis.

Padahal sebenarnya masalah komputer blue screen bisa anda atasi sendiri. Khusus bagi anda yang belum mengetahui apa itu blue screen dan bagaimana cara mengatasi komputer blue screen, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di artikel ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Komputer Blue Screen of Death?

Bagi anda yang sangat awam dengan komputer, mungkin anda masih belum paham mengenai apa yang dimaksud dengan komputer blue screen of death ini.

Yang dimaksud dengan komputer blue screen adalah salah satu pertanda bahwa ada masalah serius di komputer anda. Namun demikian, blue screen ini bukan menjadi pertanda bahwa komputer anda rusak.

Blue screen ini lebih tepat disebutkan sebagai pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan sistem operasi maupun driver perangkat keras di komputer anda. Jadi mudahnya, blue screen ini bukan pertanda bahwa ada perangkat keras di dalam komputer yang mengalami kerusakan.

Masalah komputer blue screen ini bisa terjadi baik ketika sistem sedang mengalami booting maupun ditengah-tengah anda menggunakan komputer.

Trik Mudah Mengatasi Komputer Blue Screen yang Bisa Anda Coba Sendiri - Cara Mengatasi Komputer Blue Screen of Death yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Lalu tulisan apakah yang muncul di layar ketika terjadi masalah komputer atau laptop anda mengalami blue screen of death? Tulisan yang muncul di layar tersebut merupakan petunjuk mengenai sistem apa yang mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki.

Namun demikian, sayangnya kerusakan sistem tersebut ditunjukkan dalam bentuk kode-kode huruf dan angka. Jenis dari kode blue screen sendiri juga ada banyak jadi kemungkinan sangat sulit untuk dipelajari oleh orang awam.

Untungnya, anda tidak perlu harus paham dengan kode-kode tersebut untuk bisa mengatasi masalah komputer blue screen.

Langkah-Langkah Mudah Mengatasi Komputer Blue Screen of Death Dengan Benar

Setelah sedikit memahami mengenai apa yang dimaksud dengan komputer blue screen, selanjutnya anda bisa mulai mempelajari tentang langkah-langkah mudah untuk mengatasi masalah komputer blue screen berikut ini:

  • Matikan dan hidukan kembali komputer anda

Setelah muncul masalah komputer blue screen, sebaiknya anda matikan terlebih dahulu komputer anda. Kemungkinan besar anda tidak bisa mematikan komputer melalui sistem operasi (shutdown).

Cara untuk mematikan komputer ketika mengalami masalah blue screen adalah dengan menekan dan menahan tombol power di casing komputer anda. Tekan dan tahan tombol power tersebut sampai komputer anda mati.

Setelah mematikan, tunggu beberapa saat kemudian hidupkan kembali komputer anda. Perhatikan apakah komputer anda bisa masuk kedalam sistem setelah mengalami blue screen.

Jika komputer anda bisa masuk kedalam sistem operasi dan komputer bisa berjalan seperti sedia kala, maka sistem komputer sudah memperbaiki masalah blue screen tersebut secara otomatis.

  • Masuk kedalam safe mode

Lalu bagaimana jika komputer tidak mau masuk kedalam sistem operasi setelah mengalami blue screen? Jika memang komputer sudah tidak bisa masuk kedalam sistem operasi, maka matikan kembali komputer anda dengan cara menahan tombol power.

Setelah itu, hidupkan kembali komputer anda untuk masuk kedalam safe mode. Untuk masuk kedalam safe mode, anda harus menekan tombol F8 secara terus menerus setelah anda menghidupkan komputer.

Jika komputer membaca perintah anda dengan cara menekan tombol F8 tersebut, maka anda akan melihat layar hitam dengan beberapa macam menu pilihan berwarna abu-abu di layar.

Dari sekian banyak menu, pilihlah safe mode. Ketika anda memilih menu safe mode, layar akan menampilkan tulisan-tulisan dalam bentuk kode secara terus menerus. Jangan khawatir mengenai hal ini.

Justru itulah proses memperbaiki sistem yang mengalami kerusakan hingga menyebabkan komputer blue screen. Jika anda berhasil masuk kedalam safe mode, lakukan restart melalui sistem operasi.

Setelah komputer restart, perhatikan apakah komputer anda sudah bisa masuk kedalam sistem operasi atau belum. Jika anda sudah bisa masuk kedalam sistem operasi, maka sistem sudah berhasil memperbaiki masalah di sistem melalui safe mode.

Namun jika anda masih belum bisa masuk kedalam sistem operasi, anda bisa menggunakan cara selanjutnya untuk mengatasi masalah komputer blue screen.

  • Melakukan recovery sistem operasi

Jika safe mode tetap tidak bisa membantu memperbaiki kerusakan yang menyebabkan komputer blue screen, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan recovery sistem operasi.

Cara melakukan recovery sistem operasi ini sama seperti ketika anda akan masuk ke dalam safe mode. Matikan terlebih dahulu komputer anda, kemudian hidupkan kembali sambil terus menekan tombol F8.

Untuk melakukan recovery sistem operasi, pilih menu last known good configuration. Menu tersebut berada 5 tingkat dibawah menu safe mode.

Setelah memilih menu tersebut, anda hanya perlu menunggu sistem melakukan pemulihan. Jika proses pemulihan selesai dan berhasil, biasanya anda langsung akan masuk ke dalam sistem operasi secara otomatis.

  • Install ulang sistem operasi

Jika semua cara mengatasi masalah komputer blue screen tersebut tidak bisa membantu anda masuk ke dalam sistem operasi kembali, maka satu-satunya cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah melakukan install ulang sistem operasi.

Dengan melakukan install ulang sistem operasi, semua masalah blue screen di komputer pasti dapat diatasi karena semua sistem operasi yang anda gunakan akan diperbarui seperti sedia kala.

Komputer blue screen memang pertanda bahwa ada masalah serius di dalam komputer anda. Namun terjadinya blue screen tersebut bukan pertanda bahwa ada perangkat keras yang mengalami kerusakan.

Jadi jika nanti anda sampai mengalami masalah komputer blue screen of death, jangan panik terlebih dahulu dan jangan langsung membawa komputer anda ke tempat servis. Coba perbaiki komputer anda menggunakan cara-cara yang sudah dibagikan di artikel ini.

Comments