Deteksi Ciri Baterai HP Android Anda Rusak dan Perlu Diganti

Deteksi Ciri Baterai HP Android Anda Rusak dan Perlu Diganti – Baterai di dalam smartphone android merupakan salah satu bagian yang cukup penting. Sebuah smartphone secanggih apapun akan menjadi tidak bermanfaat lagi jika kondisi baterai sudah tidak layak untuk digunakan.

Kebanyakan orang memang hanya mengenal beberapa ciri baterai HP rusak seperti baterai menjadi sangat boros dan juga HP mati total. Padahal, masih ada banyak hal yang menjadi ciri baterai HP rusak.

Jika anda memperhatikan perubahan performa HP anda, sebenarnya anda sudah bisa bersiap-siap untuk mengganti baterai HP sebelum HP anda mengalami masalah serius seperti mati total.

Mau tau mengenai apa saja ciri baterai HP rusak selain baterai menjadi sangat boros dan HP mati total? Anda bisa pelajari lebih lanjut mengenai berbagai macam ciri dari baterai HP yang sudah mulai mengalami penurunan fungsi di artikel ini.

Ini Beberapa Ciri Baterai HP Android Rusak dan Perlu Diganti 300x200 - Deteksi Ciri Baterai HP Android Anda Rusak dan Perlu Diganti

4 Macam Ciri Baterai HP Rusak yang Sering Dianggap Masalah Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebenarnya ada banyak sekali ciri kerusakan baterai HP yang bisa anda rasakan sebelum baterai anda benar-benar harus diganti.

Berikut ini adalah 5 ciri baterai HP rusak yang selama ini sering dianggap sebagai masalah kecil:

  1. Layar HP menjadi sering berkedip atau redup sendiri

Salah satu perangkat smartphone yang membutuhkan catu daya paling besar adalah layar sentuh. Jika ada kerusakan pada bagian baterai, layar sentuh pasti mengalami penurunan fungsi.

Salah satu contoh ciri baterai HP rusak yang biasanya terjadi pada bagian layar adalah layar menjadi sering berkedip dan bahkan redup sendiri.

Hal ini merupakan pertanda bahwa baterai HP anda sudah tidak dalam kondisi baik lagi. Kemungkinan besar arus baterai sudah mengalami penurunan sehingga tidak bisa memberikan catu daya pada layar sentuh.

  1. HP sering restart sendiri

Layar yang sering berkedip dan redup sendiri memang merupakan ciri baterai HP rusak tingkat awal. Jika baterai HP tidak segera diganti, kemungkinan besar anda akan merasakan masalah baru seperti HP sering restart sendiri.

HP yang sering restart sendiri juga bisa disebabkan karena baterai sudah mengalami kerusakan. HP yang sampai restart sendiri disebabkan karena baterai sudah tidak bisa mencukupi catu daya seluruh komponen HP.

  1. Proses pengisian daya menjadi semakin lama

Ciri baterai HP rusak yang ketiga bisa anda rasakan ketika melakukan pengisian daya. Baterai HP yang mengalami kerusakan di bagian cell biasanya akan menunjukkan gejala seperti lama diisi ulang.

Hal ini terjadi dikarenakan cell-cell baterai yang mengalami kerusakan sudah tidak bisa menerima aliran listrik. Oleh sebab itu, baterai membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diisi ulang.

Namun demikian, biasanya ketika dilepas dari charger, kapasitas baterai akan langsung menurun meskipun tidak digunakan sama sekali.

  1. Kapasitas baterai kosong

Sebuah baterai HP di jaman sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi khusus untuk mencegahnya dayanya benar-benar habis tak bersisa.

Jika anda perhatikan, mayoritas smartphone yang masih sehat kondisi baterainya pasti masih menyisakan sedikit daya baterai ketika mengeluarkan peringatan low battery.

Hal tersebut tidak akan anda saksikan jika baterai smartphone anda sudah rusak. Ciri baterai HP rusak yang keempat adalah daya baterai kosong. Baterai yang sama sekali tidak memiliki daya bisa dikatakan sudah benar-benar rusak. Kenapa? Karena cell-cell di dalam baterai sudah tidak bisa menyimpan daya lagi.

Jadi mulai sekarang, anda harus lebih memperhatikan munculnya masalah-masalah yang biasanya menjadi tanda-tanda kerusakan baterai HP tersebut. Jika sudah ada satu atau dua ciri baterai HP rusak yang anda rasakan, mulailah mempersiapkan dana untuk mengganti baterai smartphone anda.

Comments