Google Chrome Lemot? Mungkin Ini Penyebabnya

Google Chrome Lemot? Mungkin Ini Penyebabnya – Dari semua browser internet yang terkenal, memang Google Chrome termasuk salah satu browser yang paling bisa diandalkan dari segi kecepatan browsingnya. Namun ada kalanya Google Chrome juga bisa mengalami masalah.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Google Chrome adalah proses browsing tiba-tiba menjadi sangat lambat. Masalah Google Chrome lemot memang sudah biasa terjadi.

Google Chrome lemot bisa disebabkan oleh banyak hal. Jadi jika anda sekarang juga merasakan Google Chrome yang anda gunakan terasa lambat atau lemot, mungkin anda perlu membaca apa saja penyebab Google Chrome lemot tersebut di artikel ini. Diharapkan setelah membaca apa saja penyebabnya, anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Penyebab Google Chrome Lambat - Google Chrome Lemot? Mungkin Ini Penyebabnya

4 Hal yang Menjadi Penyebab Utama Google Chrome Lemot

Google Chrome memang terkenal sebagai browser internet yang sangat cepat. Namun demikian, terkadang Google Chrome juga bisa semakin melambat prosesnya.

Berikut ini merupakan beberapa macam hal yang biasanya menjadi penyebab Google Chrome lemot:

  1. Terlalu banyak ekstensi yang dipasang

Penyebab pertama masalah Google Chrome lemot biasanya dikarenakan anda terlalu banyak memasang ekstensi di dalamnya. Perlu anda ketahui, setiap ekstensi yang terpasang di dalam Google Chrome akan mengurangi kecepatan respon dari software Google Chrome.

Semakin banyak ekstensi yang terpasang di dalam Google Chrome akan menambah waktu jeda ketika anda membuka Google Chrome.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk hanya memasang ekstensi yang benar-benar anda butuhkan saja jika tidak ingin mengalami masalah seperti Google Chrome lemot.

  1. Terlalu banyak tab yang dibuka

Google Chrome memang memberikan fitur open tab untuk melakukan multitasking dalam hal mencari informasi di internet. Namun demikian, bukan berarti anda bisa membuka tab sebanyak mungkin.

Setiap tab yang anda buka juga akan mengurangi kecepatan respon dari Google Chrome. Oleh sebab itu, sebaiknya hanya buka tab maksimal sebanyak 4 sampai 5 saja jika anda tidak ingin merasakan Google Chrome semakin lambat responnya.

  1. Cache yang sudah menumpuk

Setiap kali anda menelusuri dunia maya dengan menggunakan Google Chrome, maka jumlah cache di dalam Google Chrome akan bertambah.

Cache adalah data khusus yang disimpan untuk meringankan proses membuka website yang sama berulang kali. Namun sayangnya, fitur cache ini bisa berbalik merugikan anda jika tidak rutin dibersihkan.

Ketika ukuran data cache yang tersimpan di dalam Google Chrome sudah terlalu banyak, secara otomatis data cache tersebut akan menyebabkan Google Chrome lemot.

Oleh sebab itu, pengguna Google Chrome sangat disarankan untuk membersihkan data cache secara berkala. Semakin tinggi intensitas anda menggunakan Google Chrome untuk berselancar di dunia maya, maka seharusnya semakin sering anda membersihkan data cache di dalam Google Chrome.

  1. Spesifikasi komputer atau laptop anda sudah tidak mendukung penggunaan versi Chrome terbaru

Penyebab Google Chrome lemot yang terakhir biasanya terjadi dari segi spesifikasi laptop atau komputer yang anda gunakan. Di beberapa tahun lalu, memang Google Chrome bisa dikatakan sebagai browser yang paling ringan.

Namun setelah ada banyak penambahan fitur baru, Google Chrome mulai membutuhkan dukungan spesifikasi komputer atau laptop yang lebih tinggi lagi.

Jadi jika anda sudah mencoba mengurangi ekstensi, tab, dan juga menghapus cache secara rutin namun Google Chrome tetap terasa lambat, maka kemungkinan besar penyebab Google Chrome lemot tersebut adalah dari spesifikasi laptop atau komputer anda yang sudah tidak memadai.

Jadi anda sudah mengetahui bukan bagaimana cara mengatasi masalah Google Chrome lemot setelah membaca apa saja penyebab masalah tersebut? Lalu dar 4 macam penyebab Google Chrome lemot, mana yang paling menjadi penyebab lemotnya Google Chrome anda?

Comments