Ketahui Kelebihan Windows 10 Jika Dibandingkan Sistem Operasi Pendahulunya

Kelebihan Windows 10 Jika Dibandingkan Sistem Operasi Pendahulunya – Seperti yang sudah umum diketahui oleh khalayak penghobi teknologi laptop dan PC, Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 10 sejak tahun 2015. Awalnya, memang banyak orang yang pesimis dengan kemampuan dari Windows 10 setelah melihat sistem operasi Windows 8 dan 8.1 yang bisa dikatakan gagal total.

Namun setelah berjalannya waktu, mulai banyak orang mengakui bahwa Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang cukup berpotensi untuk dijadikan pengganti sistem operasi pendahulunya.

Ada banyak sekali kelebihan Windows 10 yang tidak dimiliki oleh sistem operasi pendahulunya. Selain itu, masih banyak juga hal-hal menarik yang ada di dalam Windows 10 yang tidak akan mungkin bisa anda temukan di sistem operasi lainnya.

Apakah anda sudah beralih ke sistem operasi Windows 10? Bagi anda yang masih mempertahankan sistem operasi lama di komputer atau laptop anda, sebaiknya anda baca mengenai apa saja kelebihan Windows 10 di artikel ini.

5 Kelebihan Windows 10 yang Membuatnya Menjadi Salah Satu Sistem Operasi Terbaik

Bagi anda yang selama ini masih belum pernah mencoba menggunakan sistem operasi Windows 10, anda rugi besar. Kenapa? Karena ada banyak sekali kelebihan Windows 10 yang anda lewatkan begitu saja.

Keunggulan Windows 10 Jika Dibandingkan Sistem Operasi Pendahulunya - Ketahui Kelebihan Windows 10 Jika Dibandingkan Sistem Operasi Pendahulunya

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Windows 10 yang tidak akan pernah anda temukan di sistem operasi pendahulunya:

  1. Adanya Cortana, Si asisten virtual yang sangat cerdas

Microsoft memang sudah mengembangkan fitur asisten virtual sejak tahun 2009 silam. Namun fitur tersebut masih dirasakan kurang sempurna.

Ternyata Microsoft tidak berhenti dalam mengembangkan fitur asisten virtual tersebut dan akhirnya fitur tersebut resmi menjadi salah satu fitur unggulan dari Windows 10.

Cortana adalah nama dari si asisten virtual yang terdapat di dalam Windows 10. Anda bisa meminta Cortana melakukan berbagai hal seperti menghitung, membacakan teks, membantu mencari informasi apapun menggunakan internet, dan bahkan memesankan tiket pesawat.

Ya, Cortana adalah salah satu kelebihan Windows 10 yang tidak mungkin anda rasakan di sistem operasi pendahulu maupun sistem operasi lain. Dengan adanya Cortana, anda akan semakin mudah mengerjakan berbagai tugas menggunakan sistem operasi Windows 10.

  1. Kawin silang antara fitur multitasking dan multi desktop

Di setiap versi sistem operasi Windows memang salah satu fitur menariknya adalah fitur multitasking. Anda bisa melakukan banyak hal sekaligus dan tidak akan kesulitan mengatur kegiatan multitasking tersebut.

Fitur tersebut tetap bisa anda gunakan di sistem operasi Windows 10, namun selain fitur multitasking tersebut, anda juga sekaligus bisa merasakan fitur baru yang disebut dengan multi desktop.

Multi desktop adalah fitur khusus yang digunakan untuk membagi fitur multitasking sesuai dengan kriterianya. Misalkan saja anda sedang membuka dokumen word, mendengarkan musik, dan juga membuka browser, maka anda bisa membagi 3 multitasking tersebut kedalam desktop terpisah.

Fitur multi desktop di sistem operasi Windows 10 ini sangat bermanfaat terutama untuk mengurangi task bar aktif.

Perkawinan antara fitur multitasking dan multi desktop ini merupakan salah satu dari kelebihan Windows 10 yang juga tidak bisa anda temukan di sistem operasi pendahulunya.

  1. Fitur Continuum untuk mendukung segala macam perangkat

Masih banyak sekali kelebihan Windows 10 yang membuat sistem operasi lain tampak begitu tua. Fitur Continuum juga termasuk fitur unggulan dari Windows 10. Dengan adanya fitur ini, Windows 10 menjadi satu-satunya sistem operasi yang paling direkomendasikan untuk berbagai macam perangkat, terutama perangkat yang mempunyai 2 mode seperti laptop yang bisa dijadikan tablet.

Fitur Continuum merupakan fitur khusus di dalam Windows 10 yang memudahkan pengguna mengatur tampilan layar sesuai dengan mode perangkat yang digunakan.

Pengaturan tampilan layar tersebut dijalankan secara otomatis oleh sistem Windows 10. Jadi ketika anda melepaskan layar dari dock keyboard, maka secara otomatis tampilan laptop akan berubah menjadi tampilan tablet. Begitupun sebaliknya ketika anda memasangkan kembali layar ke dock keyboard.

Jika tablet anda masih menggunakan sistem Windows 8, ada baiknya segera tingkatkan versi sistem operasinya ke Windows 10 agar anda bisa merasakan fitur Continuum ini.

  1. Fitur keamanan biometrik yang canggih

Jika anda sering menonton film-film barat, pasti anda sudah mengetahui apa yang disebut dengan keamanan biometrik itu bukan? Fitur keamanan biometrik adalah fitur yang sangat canggih. Fitur tersebut tidak hanya menggunakan pengenalan wajah saja, namun juga menggunakan deteksi retina dan sidik jari.

Sistem operasi Windows 10 dilengkapi dengan fitur keamanan biometrik tersebut. Dengan adanya fitur keamanan tersebut, tidak sembarang orang bisa menggunakan laptop atau komputer anda.

Namun demikian, fitur yang menjadi kelebihan Windows 10 ini memang tidak selalu bisa digunakan di semua perangkat. Untuk bisa mengaktifkan fitur keamanan ini, perangkat anda memang harus sudah memenuhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan.

  1. Visualisasi jauh lebih garang dengan Windows 10

Windows 10 memang sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft untuk mendukung penggunaan directX versi 12 secara maksimal.

Karena Windows 10 sudah benar-benar mendukung penggunaan directX versi 12, maka tidak heran jika tampilannya jauh lebih memukau dibandingkan dengan sistem operasi pendahulunya.

Hal ini juga berlaku untuk gaming. Windows 10 juga sekaligus bisa meningkatkan performa gaming, terutama dalam segi tampilannya.

Jika mau dijabarkan satu per satu, jelas kelebihan Windows 10 jauh lebih banyak dibandingkan dengan sistem operasi Windows versi pendahulunya. Namun dari 5 kelebihan Windows 10 yang sudah dibahas, sebenarnya anda sudah bisa membayangkan bagaimana performa dari sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut bukan?

Comments