Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Android

Mengatasi Lag dan Force Close di Android – Pernahkah gadget Anda mengalami lag kemudian tiba-tiba force close ketika bermain game? Kondisi tersebut jelas merupakan kondisi yang menyebalkan dan menjengkelkan tentunya. Dengan kondisi tersebut, maka sudah tentu keseruan bermain game akan terganggu.

Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Android - Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Android

Hal tersebut terjadi tentu saja bukan tanpa alasan, karena terdapat beberapa faktor yang memang dapat memicu terjadinya kondisi tersebut. Terlebih jika produk gadget yang Anda gunakan memang kerap digunakan untuk bermain game. Jika dibiarkan terus-menerus, maka tidak menutup kemungkinan dapat merusak gadget dengan salah satu risiko seperti bootlop.

Mengatasi Lag dan Force Close di Android

Jika sudah demikian, maka handheld Anda pun harus di service khususnya perbaikan pada sektor peranti lunaknya. Kondisi tersebut juga sebenarnya bukan tidak dapat diatasi dan dihindari. Karena hingga saat ini sebenarnya terdapat cukup banyak cara untuk mengatasi persoalan tersebut. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa tips dan trik mengatasi lag dan force close di Android.

  1. Menggunakan Fitur Opsi Pengembang

Salah satu cara yang paling mudah namun efektif untuk mengatasi lag dan force close di gadget yang berbasAndroid adalah dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada opsi pengembang. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain seperti :

  • Akses opsi pengaturan pada ponsel kemudian pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Untuk membuka opsi pengembang, tap atau tekan sebanyak 4 kali pada versi kernel atau pada nomor bentukan.
  • Jika cara yang Anda lakukan sudah benar, maka saat ini Anda akan menemukan pop up yang berisi banyak opsi.
  • Pilih Opsi Pengembang yang terletak di bagian bawah layar, kemudian aktifkan opsi tersebut.
  • Setelah itu, carilah opsi Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animator. Ubahlah pengaturannya menjadi non-aktif atau Animasi Mati.
  • Selanjutnya, pilihlah opsi Paksa Perenderan GPU dan aktifkan fitur tersebut.
  • Kemudian, cari opsi Force 4x MSAA dan aktifkan.
  • Tutup seluruh opsi tersebut, kemudia cobalah menjalankan game dan rasakan perbedaannya.

  1. Memastikan Memori Tidak Penuh

Salah satu faktor penyebab yang membuat handheld mengalami lag hingga force close biasanya karena faktor memori yang terlalu penuh. Selain itu, cache memori pun harus diperhatikan selain memori internal juga memori eksternal. Untuk itu, pastikan memori internal dan eksternal serta memori RAM pada handheld Anda masih luang.

Hapus berbagai file yang sekiranya memang sudah tidak bermanfaat atau digunakan, serta lakukan juga penghapusan cache memori secara berkala, khususnya ketika akan bermain game. Dengan demikian, kapasitas memori ponsel akan lebih luang dan meminimalisir lag hingga terjadinya force closed.

  1. Mengnon-aktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hampir seluruh gadget yang berbasis Android akan memiliki aplikasi runing atau aplikasi yang terus berjalan. Kondisi tersebut masih merupakan lanjutan dari kondisi di atas, dimana berjalannya banyak aplikasi latar akan membuat cache memori ponsel Anda berkurang.

Untuk itu, sebaiknya non-aktifkan berbagai macam aplikasi yang aktif dibalik layar namun tidak bermanfaat untuk Anda. Cara ini dapat dilakukan secara manual atau dapat juga denga memanfaatkan aplikasi yang di Play Store. Salah satunya yakni aplikasi Greenify yang akan secara otomatis menghentikan/membekukan aplikasi dibalik layar hanya dengan sekali klik.

  1. Menggunakan Aplikasi Booster

Ya, salah satu solusi lainnya yang juga efektif mengatasi lag dan force closed pada gadget Android adalah dengan menggunakan aplikasi booster. Aplikasi booster sendiri memiliki fungsi untuk mengoptimalkan sistem operasi dan membuat sistem berjalan lebih cepat dan ringan. Anda dapat memilih salah satunya di Play Store, baik yang gratis maupun berbayar.

Demikian di atas tadi adalah beberapa tips dan juga trik untuk mengatasi lag dan force close di Android yang kerap mengganggu dan menjengkelkan. Semoga informasi tips dan trik gadget terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

google - Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Androidfacebook - Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Androidtwitter - Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Androidpinterest - Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Androidlinkedin - Tips dan Trik Mengatasi Lag dan Force Close di Android

Comments