Anti Rollback HP Xiaomi, Apa Manfaat dan Kerugiannya Bagi Pengguna?

Anti rollback Xiaomi adalah fitur keamanan yang mulai disematkan pada MIUI versi 10. Dengan adanya fitur tersebut, Xiaomi berharap pengguna HP Xiaomi akan mendapatkan semakin banyak manfaat.

Namun sayangnya, banyak pengguna HP Xiaomi yang justru mengalami kerugian juga karena adanya fitur baru tersebut.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan fitur anti rollback Xiaomi itu? Apa saja manfaat dari fitur tersebut bagi pengguna? Selain itu, apa saja kerugiannya bagi pengguna jika sampai menyalahgunakan fitur tersebut?

Bagi anda yang mau tahu jawaban lengkap mengenai fitur ARB atau anti rollback dari Xiaomi tersebut, anda bisa membacanya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Fitur Anti Rollback Xiaomi?

Meskipun sudah digunakan sejak tahun 2018, sebenarnya masih banyak pengguna yang belum tahu dengan apa itu fitur anti rollback Xiaomi.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga pengguna HP Xiaomi? Apakah anda sudah tau apa yang dimaksud dengan fitur ARB tersebut?

manfaat dan kerugian fitur anti rollback hp xiaomi 1024x690 » Anti Rollback HP Xiaomi, Apa Manfaat dan Kerugiannya Bagi Pengguna?

Yang dimaksud dengan fitur anti rollback pada HP Xiaomi itu adalah satu fitur khusus yang secara otomatis dapat mendeteksi bahwa anda melakukan downgrade sistem pada HP Xiaomi.

Kenapa Xiaomi sangat melarang pengguna melakukan downgrade sistem? Karena hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya. Karena penggunaan sistem versi lama berarti memberikan celah yang lebih besar pada virus dan juga malware untuk masuk kedalam sistem di HP Xiaomi anda.

Selain itu, fitur anti rollback Xiaomi ini sebenarnya juga digunakan untuk mengurangi jumlah penjual HP nakal yang menjual HP Xiaomi versi Cina ke negara lain yang sebenarnya merupakan tindakan ilegal.

Sayangnya, hal tersebut sangat mudah dilakukan oleh penjual nakal dengan cara mengganti ROM HP Xiaomi versi Cina dengan ROM versi global saja. Hanya saja, biasanya versi ROM global yang digunakan itu lebih rendah dari versi ROM Cina.

Risiko Terburuk Melakukan Downgrade Sistem di HP Xiaomi yang Sudah Dilengkapi Fitur Anti Rollback

Lalu apa kerugian yang sangat berpotensi untuk anda alami dari adanya fitur anti rollback Xiaomi? Meskipun dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan, namun faktanya ada banyak pengguna HP Xiaomi yang justru mengalami kerugian akibat fitur ARB tersebut.

Salah satu risiko terburuk dan menjadi penyebab kerugian terbesar dari fitur anti rollback pada HP Xiaomi tersebut adalah HP Xiaomi yang anda miliki bisa mengalami hard brick atau mati total.

Hal tersebut bisa terjadi ketika anda memaksa untuk melakukan downgrade sistem pada HP Xiaomi yang sudah dilengkapi dengan fitur anti rollback.

Bagaimana Cara Cek Ada Tidaknya Fitur Anti Rollback Xiaomi di HP Anda?

Bagi anda yang suka gonta ganti ROM pada HP Xiaomi, memang sekarang anda harus lebih waspada lagi. Jika anda tidak berhati-hati, kemungkinan besar HP Xiaomi anda bisa mati total karena adanya fitur anti rollback Xiaomi.

Oleh sebab itu, sebelum mencoba mengganti ROM yang terpasang di HP Xiaomi, ada baiknya anda cek terlebih dahulu apakah HP anda sudah terpasang sistem anti rollback.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apakah HP Xiaomi anda sudah terpasang fitur tersebut atau belum? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui ada tidaknya fitur anti rollback di dalam HP Xiaomi anda:

  1. Unduh terlebih dahulu beberapa software yang harus anda pasang di PC ataupun laptop berikut ini:
  • Xiaomi USB driver yang dibutuhkan untuk memudahkan PC atau laptop anda mendeteksi HP Xiaomi. Anda bisa unduh file Xiaomi USB driver dari MI Community.
  • 15 second ADB installer yang dibutuhkan untuk mengakses fastboot command. Anda bisa unduh file 15 second ADB installer dari forum XDA.
  1. Setelah anda mengunduh dan memasang 2 software tersebut di PC ataupun laptop, selanjutnya pastikan HP Xiaomi anda sudah masuk kedalam mode fastboot. Cara untuk masuk kedalam mode fastboot di HP Xiaomi adalah dengan menekan tombol power bersamaan dengan volume bawah ketika HP dalam kondisi mati.
  2. Jika HP Xiaomi anda sudah masuk dalam mode fastboot (dengan tanda munculnya gambar kelinci dan tulisan fastboot di layar), hubungkan HP Xiaomi anda dengan PC atau laptop yang sudah terpasang software Xiaomi USB driver dan 15 second ADB installer.
  3. Buka command prompt di PC atau laptop anda.
  4. Ketikkan perintah “fastboot getvar anti” pada command prompt (tanpa tanda petik).
  5. Jika hasilnya kosong atau blank, maka HP Xiaomi anda belum terpasang fitur anti rollback Xiaomi. Namun jika muncul angka, maka itu adalah rollback index sistem pada HP Xiaomi anda.

Jadi jika anda mau melakukan downgrade sistem, anda disarankan untuk tidak melakukan downgrade sistem lebih rendah dari rollback index sistem HP Xiaomi anda.

Jadi meskipun sekarang sudah ada fitur anti rollback Xiaomi, sebenarnya hal tersebut tidak membatasi anda untuk melakukan custom ROM ataupun ganti ROM di HP Xiaomi anda.

Hanya saja, proses custom ROM ataupun ganti ROM di HP Xiaomi anda harus dilakukan dengan lebih teliti lagi setelah adanya fitur anti rollback Xiaomi.

Share