Begini Cara Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error

Jika berbicara mengenai bagian dari laptop, memang hampir semua bagian laptop itu memiliki peranan yang sangat penting. Namun dari semua bagian, keyboard adalah bagian yang bisa dikatakan memegang peranan dalam banyak hal.

Setiap pengguna laptop pasti akan merasa tidak nyaman ketika keyboard laptopnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Bahkan satu tombol keyboard yang mengalami kerusakan saja sudah dapat mengurangi tingkat efektivitas dan juga kenyamanan pengguna laptop.

Untungnya, anda sebenarnya bisa mengatasi keyboard laptop error tanpa harus membawanya ke service center. Pasalnya, mayoritas kerusakan pada keyboard laptop itu hanya disebabkan karena hal kecil saja.

Lalu bagaimana caranya mengatasi keyboard laptop error sendiri tersebut? Apa yang harus anda lakukan jika ada satu tombol keyboard atau keseluruhan keyboard laptop anda tidak bisa digunakan? Baca bagaimana cara mengatasi masalah pada keyboard laptop anda tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

tips solusi atasi keyboard laptop error » Begini Cara Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error

4 Cara yang Bisa Anda Coba Lakukan Untuk Mengatasi Keyboard Laptop Error

Ya, keyboard laptop memang adalah bagian yang cukup sering mengalami masalah. Oleh sebab itu, anda pengguna laptop sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana caranya mengatasi keyboard laptop error sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba gunakan untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak bisa berfungsi secara normal:

  1. Bersihkan debu di sela-sela tombol keyboard

Hal pertama yang perlu anda lakukan jika mengalami masalah pada keyboard laptop anda adalah membersihkannya.

Perlu anda ketahui, keyboard laptop adalah salah satu bagian laptop yang paling banyak mengumpulkan debu. Ketika sudah banyak debu di sela-sela keyboard, maka kemungkinan besar ada tombol-tombol keyboard yang tidak bisa berfungsi secara normal.

Jika hal tersebut terjadi, anda sangat disarankan untuk membersihkan area tombol keyboard yang tidak bisa berfungsi dengan normal tersebut dari debu.

Bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah pada keyboard laptop karena debu, anda bisa mencegahnya dengan memasang protektor keyboard laptop sehingga tidak ada debu yang bisa masuk kedalam sela-sela tombol keyboard laptop anda.

  1. Cek driver keyboard laptop anda

Jika anda sudah membersihkan keyboard laptop dari debu dan tetap masih belum bisa berfungsi secara normal, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah cek driver keyboard laptopnya.

Banyak sekali laptop yang bermasalah pada keyboard hanya disebabkan karena driver keyboardnya belum terpasang ataupun rusak.

Cara untuk cek driver keyboard laptop anda adalah melalui start menu. Pilih control panel. Kemudian pilih device manager. Cari menu keyboard. Setelah itu, klik kanan pada bagian keyboard dan pilih update driver.

Jika memang keyboard laptop yang anda miliki tidak bisa berfungsi secara normal disebabkan karena drivernya, seharusnya melakukan update driver sudah bisa mengatasi masalah tersebut.

  1. Cek kerusakan pada bagian printed circuit board keyboard laptop

Bila 2 cara mengatasi keyboard laptop error sudah anda lakukan namun tidak ada hasilnya, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah cek apakah ada kerusakan pada bagian PCB (printed circuit board) keyboard laptop anda.

Untuk melakukan pengecekan ada tidaknya kerusakan pada bagian PCB keyboard laptop, anda tidak perlu repot-repot membongkar laptop anda.

Anda hanya perlu memasang software khusus untuk cek kondisi hardware keyboard laptop. Ada banyak sekai software cek hardware keyboard laptop yang bisa anda gunakan secara gratis.

Jika anda sudah memasang dan menjalankan software tersebut, maka anda bisa melihat secara langsung PCB tombol keyboard laptop mana saja yang memang mengalami kerusakan.

Bila memang ternyata keyboard laptop anda tidak bisa berfungsi karena adanya kerusakan pada PCB, maka mau tidak mau anda harus menggantinya.

Namun sayangnya, biaya untuk mengganti keyboard laptop cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan menggantinya, anda lebih disarankan untuk menggunakan keyboard eksternal.

  1. Perbaiki sistem operasi laptop anda

Jika ternyata tidak ada kerusakan sama sekali pada bagian PCB keyboard laptop namun keyboard laptop tidak bisa digunakan secara normal, maka cara mengatasi keyboard laptop error yang terakhir adalah dengan memperbaiki sistem operasi laptop anda.

Ya, sedikit banyak permasalahan pada fungsi keyboard laptop juga dipengaruhi dari sistem operasi yang digunakan di dalam laptop anda. keyboard laptop yang tidak bisa berfungsi dengan baik juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem operasi laptop.

Oleh sebab itu, jika anda sudah mencoba melakukan 3 cara sebelumnya untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang bermasalah namun tidak ada hasilnya, cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah melakukan repair sistem operasi yang anda gunakan di dalam laptop.

Bagaimana? Sebenarnya cukup mudah bukan cara untuk mengatasi keyboard laptop error? Semoga anda sudah bisa mengatasi keyboard laptop error hanya dengan menggunakan cara pertama atau kedua saja.