Cara Cek Keaslian iPhone Tanpa Bongkar Perangkat

Cara cek keaslian IPhone itu tidak selalu harus dengan membongkar total perangkatnya. Selain jauh lebih berisiko, membongkar hanya untuk membuktikan asli tidaknya sebuah IPhone itu tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Selain membongkar perangkatnya, sebenarnya masih ada banyak cara untuk cek apakah benar bahwa sebuah IPhone yang mau anda beli adalah produk resmi dari Apple atau hanya IPhone KW.

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara cek keaslian IPhone, khususnya anda yang mau membeli IPhone dalam kondisi bekas, anda bisa pelajari macam-macam cara mudah untuk cek keaslian IPhone tanpa harus membongkar perangkatnya di dalam artikel ini.

cara cek iphone asli atau kw tanpa bongkar perangkat 1024x512 » Cara Cek Keaslian iPhone Tanpa Bongkar Perangkat

Ini 4 Macam Cara Cek Keaslian IPhone yang Tidak Mungkin Bisa Dipalsukan

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah IPhone bekas, ada baiknya jangan terburu-buru. Pastikan terlebih dahulu bahwa IPhone bekas yang mau anda beli tersebut benar-benar IPhone asli.

Pasalnya, ada banyak sekali IPhone KW yang dijual di pasaran zaman sekarang. Tak hanya bentuk fisiknya saja yang sama, sistem di dalamnya juga dibuat sangat mirip dengan sistem asli.

Melihat fakta tersebut, jelas anda yang berencana untuk membeli IPhone, terutama dalam kondisi bekas harus tau bagaimana cara cek keaslian IPhone itu. Berikut ini adalah 4 macam cara untuk cek keaslian IPhone tanpa harus bongkar perangkatnya:

  1. Dari sistem operasinya

Cara pertama cek asli tidaknya sebuah IPhone adalah dari sistem operasi yang digunakan. IPhone asli dipastikan hanya menggunakan IOS.

Lalu bagaimana cara cek apakah IPhone yang mau anda beli benar-benar menggunakan IOS atau tidak? Berikut ini adalah langkah-langkah cek sistem operasi di IPhone:

  • Buka menu pengaturan atau settings.
  • Setelah itu, pilih menu about atau mengenai.
  • Jika IPhone tersebut memang asli, seharusnya tertulis versi perangkat lunaknya sesuai dengan versi IOS.

Untuk cek apakah benar versi perangkat lunak yang digunakan di dalam sebuah IPhone adalah benar-benar IOS, anda bisa masukkan versi perangkat lunak tersebut ke kolom pencarian Google.

  1. Dari App Store

Selain dari sistem operasi yang digunakan, keaslian sebuah IPhone juga bisa dicek dari ada tidaknya App Store di dalam perangkat tersebut.

Perlu anda ketahui, banyak sekali orang-orang yang menjual IPhone KW atau replika yang memiliki bentuk fisik sangat mirip dengan IPhone asli. Namun sayangnya, IPhone KW tersebut tidak akan bisa menggunakan App Store.

Kenapa? Karena hanya IPhone asli saja yang bisa mengakses App Store. Pasalnya, App Store ini adalah marketplace aplikasi resmi yang dibuat khusus untuk IOS.

  1. Dari Itunes

Jika anda masih belum yakin juga bahwa IPhone yang mau anda beli benar-benar IPhone asli, anda bisa coba cara cek keaslian IPhone yang berikutnya dengan menggunakan bantuan Itunes.

Kenapa harus menggunakan Itunes? Hal tersebut disebabkan karena Itunes hanya bisa mendeteksi perangkat Apple asli saja. Jadi jika perangkatnya tidak asli buatan Apple, maka perangkat tersebut tidak akan bisa terdeteksi di dalam Itunes.

Ketika IPhone yang anda hubungkan dengan Itunes benar-benar IPhone asli, maka anda bisa melihat berbagai informasi penting dari menu ringkasan di dalam aplikasi Itunes.

Anda bisa cek berapa kapasitas memori internal IPhone tersebut, nomor seri atau IMEI, versi IOS yang digunakan, nomor telepon yang digunakan, dan masih banyak lagi.

  1. Dari website resmi Apple

Tiga cara cek keaslian IPhone yang sudah dijelaskan sebelumnya memang sudah bisa membedakan mana IPhone replika dan IPhone asli.

Sayangnya, 3 cara tersebut masih belum bisa membedakan apakah IPhone tersebut masuk ke Indonesia secara resmi atau ilegal. Untuk memastikan bahwa IPhone yang mau anda beli memang masuk secara legal ke Indonesia, anda bisa cek hal tersebut dari website resmi Apple.

Masukkan IMEI IPhone yang mau anda beli ke kolom yang tersedia di dalam website resmi Apple tersebut.

Dari website resmi Apple tersebut, anda bisa melihat dimana IPhone tersebut dibeli dan bagaimana status garansi perangkat tersebut.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara cek keaslian IPhone itu? Jadi jika nanti anda mau membeli IPhone bekas, pastikan dulu untuk cek apakah IPhone tersebut benar-benar asli ya.

Selain itu, sekalian saja cek bagaimana status garansinya. Pastikan bahwa IPhone tersebut juga perangkat yang legal ya bukan barang BM.

Share