Cara Mengatasi Masalah Hard Disk Tidak Terbaca di BIOS Laptop

Laptop memang lebih praktis dibandingkan dengan PC. Namun masalah yang bisa anda alami ketika menggunakan laptop itu tidak lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan PC.

Salah satu masalah yang juga bisa dialami oleh pengguna laptop adalah seperti masalah harddisk tidak terbaca di BIOS laptop. Jika anda mengalami masalah tersebut, biasanya anda tidak akan bisa masuk kedalam sistem operasi ketika menghidupkan laptop.

Laptop anda akan terus menerus restart dan menunjukkan black screen dengan informasi cannot found operating system.

Masalah harddisk tidak terbaca di BIOS laptop ini sebenarnya bisa dikategorikan sebagai masalah yang cukup serius. Namun bukan berarti masalah ini tidak bisa diatasi. Jika memang belum terlalu parah, anda kemungkinan masih bisa mengatasinya tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.

Mau tau bagaimana cara mengatasi masalah harddisk laptop anda tidak terdeteksi di BIOS? Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, pelajari lebih lanjut di dalam artikel ini.

2 Cara Mengatasi Masalah Harddisk Tidak Terbaca di BIOS Laptop yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Bagi anda yang memiliki laptop yang harddisknya tidak terdeteksi BIOS, jangan panik terlebih dahulu. Hal tersebut bukan berarti harddisk anda rusak dan perlu diganti.

Masalah harddisk tidak terbaca di BIOS laptop tersebut bisa disebabkan karena faktor kecil yang sebenarnya cukup mudah untuk diatasi sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah harddisk laptop yang tidak bisa terdeteksi di BIOS:

  1. Cabut dan pasang kembali harddisk laptop

Masalah harddisk laptop yang tidak terdeteksi BIOS tersebut bisa terjadi karena faktor kecil seperti harddisk laptop tidak terpasang dengan benar di socketnya.

Harddisk laptop bisa tidak terpasang dengan benar di socketnya karena goncangan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk melepas harddisk laptop anda kemudian memasangnya kembali.

Cukup banyak orang yang berhasil mengatasi masalah harddisk laptop tidak terdeteksi di BIOS dengan menggunakan cara mudah tersebut.

  1. Reset pengaturan BIOS laptop

Jika anda sudah mencabut dan memasang kembali harddisk laptop, namun BIOS masih belum berhasil mendeteksi harddisk tersebut, anda bisa menggunakan cara kedua.

Cara kedua untuk mengatasi masalah harddisk laptop yang tidak terdeteksi BIOS adalah dengan reset pengaturan BIOS laptop anda.

Cara untuk reset pengaturan BIOS laptop juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk terlebih dahulu kedalam pengaturan BIOS dengan cara menekan tombol F2 setelah menghidupkan laptop.

Setelah masuk kedalam pengaturan BIOS, pilih menu setting. Setelah itu, pilih reset BIOS. Konfirmasi dengan menekan tombol “Y”. Tunggu beberapa saat sampai proses reset pengaturan BIOS laptop anda selesai.

Jika masalah harddisk tidak terbaca di BIOS laptop tersebut disebabkan karena pengaturan BIOS yang kurang tepat, seharusnya masalah tersebut sudah teratasi setelah anda melakukan reset pengaturan BIOS laptop.

Jika anda sudah mencoba melakuka 2 cara tersebut namun harddisk laptop anda masih belum terdeteksi BIOS, maka hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah cek kondisi socket harddisk di motherboard laptop anda.

Selain itu, jika memungkinkan coba gunakan harddisk laptop anda di laptop lain. Jika harddisk anda terdeteksi di laptop lain, kemungkinan besar memang masalahnya terletak pada socket harddisk laptop anda.

Bila memang masalahnya disebabkan karena adanya kerusakan pada socket harddisk laptop anda, maka mau tidak mau anda harus membawanya ke service center. Namun jangan khawatir, biaya untuk memperbaiki socket harddisk di laptop yang mengalami kerusakan tidaklah terlalu mahal.

Namun demikian, semoga masalah harddisk tidak terbaca di BIOS laptop yang anda alami sudah bisa teratasi dengan menerapkan salah satu dari 2 cara yang dibagikan di dalam artikel ini.

Beri rating post ini
Share
Ditulis oleh
adminsubscom

Recent Posts

  • Samsung

Resmi masuk Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold 2 sudah bisa Dibeli

Samsung sebagai developer ponsel cerdas lipat terkemuka, telah merilis Samsung Galaxy Z Fold 2 secara…

September 14, 2020
  • Apple

Konfirmasi Terbaru Mengenai Apple iPhone 12 Pro Max

Salah satu pengembang ponsel pintar, Apple memang belakangan berencana mengeluarkan ponsel baru secara bertahap. Terakhir…

September 3, 2020
  • Coolpad

Diluncurkan Untuk Pasar Negara Cina, Coolpad Cool 9S Mengusung Spek Cukup Minim

Bukan hanya meluncurkan Coolpad Cool 10C saja, Coolpad juga sekaligus meluncurkan penerus dari seri Cool…

August 21, 2020
  • Oppo

Oppo Reno4 Z 5G, Siap Unjuk Taring dengan Teknologi 5G Terbaru

Pasar smartphone Tanah Air tak pernah sepi dari pendatang baru. Berbagai brand kenamaan terus menghadirkan…

August 20, 2020
  • Kompilasi

Deretan Smartphone Android Harga 1 Jutaan Dengan Ukuran Layar Besar

Selain kamera dan juga chipset, banyak orang juga mementingkan ukuran layar ketika akan membeli smartphone…

August 6, 2020
  • Lenovo

Mulai Dijual Secara Online di AliExpress, Lenovo A7 (2020) Cuma Bawa SoC UNISOC

Selain sibuk mempersiapkan smartphone gaming, Lenovo juga tidak melupakan lini smartphone budgetnya. Hal tersebut disebabkan…

July 7, 2020