Cara Mengatasi Operating System Not Found Dengan Mudah di Laptop

Apakah anda mengalami masalah operating system not found ketika menyalakan laptop? Jika anda mengalami masalah tersebut, memang secara otomatis anda tidak akan bisa menggunakan laptop anda sebelum bisa mengatasi masalah tersebut.

Pasalnya, laptop anda sama sekali tidak dilengkapi dengan sistem operasi seperti sebelumnya. Lalu bagaimana cara mengatasi operating system not found tersebut?

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi masalah sistem operasi yang hilang di dalam harddisk laptop anda tersebut. Namun sebelum mempelajari bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Masalah operating system not found tersebut bisa terjadi karena beberapa macam penyebab. Berikut adalah beberapa hal yang biasanya menyebabkan laptop anda kehilangan sistem operasi:

  • BIOS laptop tidak mendeteksi adanya harddisk yang terpasang.
  • Harddisk anda mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi secara maksimal.
  • File MBR sistem operasi hilang atau corrupt.
  • Partisi harddisk yang menyimpan file sistem operasi tidak aktif.

Jika anda sudah mengetahui apa saja penyebab masalah operating system not found, selanjutnya anda bisa mempelajari bagaimana cara mengatasi operating system not found di laptop anda tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

trik atasi os not found pada la » Cara Mengatasi Operating System Not Found Dengan Mudah di Laptop

Langkah-Langkah Mengatasi Masalah Operating System Not Found di Laptop

Bagi anda yang mencari cara mengatasi operating system not found di laptop, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek terlebih dahulu kondisi harddisk laptop anda

Hal pertama yang wajib anda lakukan saat mengalami masalah operating system not found di laptop adalah memastikan bahwa harddisk laptop anda masih berfungsi secara maksimal.

Cara untuk memastikan bahwa harddisk laptop anda masih berfungsi adalah dengan melihat apakah BIOS masih mendeteksi harddisk tersebut.

Selain itu, anda juga disarankan untuk melepas harddisk laptop dari socketnya dan menggunakannya sebagai harddisk eksternal. Jika harddisk laptop anda bisa digunakan sebagai harddisk eksternal, dapat dipastikan bahwa harddisk anda masih dalam kondisi prima.

  • Cek pengaturan BIOS

Setelah anda yakin bahwa harddisk laptop anda dalam kondisi baik dan bisa berfungsi secara maksimal, selanjutnya anda perlu cek pengaturan BIOS pada laptop anda.

Pastikan bahwa pengaturan boot primary di BIOS laptop anda adalah harddisk laptop anda (bukan ROM). Kebanyakan orang yang mengalami masalah operating system not found ini disebabkan karena pengaturan boot primary pada BIOS laptop berada pada ROM bukan pada harddisk.

  • Repair sistem operasi dengan menggunakan ROM

Jika anda sudah memastikan bahwa boot primary di BIOS laptop anda adalah harddisk, namun masalah operating system not found masih belum juga teratasi, hal tersebut berarti disebabkan karena ada kerusakan pada file sistem operasinya.

Untuk mengatasi masalah operating system not found yang disebabkan adanya kerusakan pada file sistem operasi laptop, mau tidak mau anda harus memperbaiki file-file sistem operasi tersebut menggunakan ROM.

Masukkan CD atau DVD sistem operasi yang anda gunakan kedalam ROM. Lakukan repair sistem operasi dengan menggunakan CD atau DVD tersebut.

Proses repair sistem operasi hampir sama seperti ketika anda akan memasang ulang sistem operasi di harddisk laptop. Bedanya hanya pada pemilihan menu repair.

  • Install ulang sistem operasi

Jika anda sudah mencoba cara mengatasi operating system not found sebelumnya dan laptop anda masih belum bisa digunakan, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah memasang ulang sistem operasi di harddisk laptop anda.

Asalkan harddisk laptop anda masih berfungsi secara maksimal dan tidak ada tanda-tanda kerusakan pada BIOS laptop anda, seharusnya masalah operating system not found tersebut akan teratasi setelah anda memasang ulang sistem operasi di laptop anda.

Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya cara mengatasi operating system not found di laptop anda tersebut?