Cara Mengecek Keaslian HP Xiaomi Dengan Cepat dan Mudah

Cara mengecek keaslian HP Xiaomi adalah hal yang sebaiknya anda pelajari jika anda berminat untuk membeli HP Xiaomi. Kenapa? Karena dengan semakin populernya Smartphone android merek Xiaomi, mulai banyak oknum yang mencoba melakukan penipuan dengan menjual HP Xiaomi palsu.

HP Xiaomi abal-abal atau palsu yang dijual di pasaran tersebut memiliki tampilan yang benar-benar sangat mirip dengan HP Xiaomi asli. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang tertipu membelinya.

Hanya saja, sebenarnya HP Xiaomi palsu dan asli itu bisa dibedakan. Dan menariknya, masih ada beberapa cara mengecek keaslian HP Xiaomi yang cukup mudah dan cepat untuk dilakukan.

Seperti apa saja caranya mengecek keaslian dari HP Xiaomi tersebut? Bagi anda yang mau tahu cara cek asli tidaknya HP Xiaomi yang mau anda beli, anda bisa pelajari caranya lebih lanjut di dalam artikel ini.

cara mudah akurat cek keaslian hp xiaomi 1024x562 » Cara Mengecek Keaslian HP Xiaomi Dengan Cepat dan Mudah

2 Macam Cara Cek Asli Tidaknya HP Xiaomi Sebelum Anda Membelinya

Seperti yang sudah disebutkan, memang ada banyak sekali cara mengecek keaslian HP Xiaomi. Namun sekian banyak cara untuk cek asli tidaknya sebuah HP Xiaomi tersebut dikategorikan menjadi 2 yaitu cara offline dan juga cara online.

Jadi untuk bisa memastikan apakah sebuah HP Xiaomi benar-benar asli, anda bisa cek dengan cara offline maupun online.

Cara offline adalah cara yang paling cepat untuk mengetahui apakah HP Xiaomi yang anda pegang adalah asli atau palsu. Sedangkan cara online lebih digunakan untuk memastikan lagi bahwa HP Xiaomi yang anda pegang benar-benar asli dari pabrikan.

4 Macam Cara Mengecek Keaslian HP Xiaomi Secara Offline

Bagi anda yang mau membeli HP Xiaomi dalam kondisi bekas, anda bisa cek asli tidaknya HP Xiaomi tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan salah satu dari 4 cara berikut ini:

  1. Cek pada cover HP Xiaomi bagian belakang

Cara mengecek keaslian HP Xiaomi secara offline yang pertama adalah dengan melihat pada bagian cover belakang.

HP Xiaomi asli memiliki informasi tentang garansi, replacement, dan juga kode keamanan pada cover bagian belakang. Semua informasi tersebut bisa anda lihat dengan jelas.

Namun biasanya pada HP Xiaomi palsu, informasi tersebut tidak terlihat dengan jelas atau cenderung dicetak blur.

Jika anda melihat tulisan di bagian casing belakang HP Xiaomi tampak blur atau tidak jelas, bisa dipastikan HP Xiaomi tersebut bukanlah HP Xiaomi asli.

  1. Cek versi ROM MIUI yang digunakan di HP Xiaomi

Selain dari informasi di cover bagian belakang, cara mengecek keaslian HP Xiaomi yang berikutnya juga bisa melalui versi ROM MIUI yang digunakan.

Perlu anda ketahui, versi ROM MIUI yang digunakan di HP Xiaomi itu sendiri terdiri dari 3 macam. Namun jika HP Xiaomi anda memang tergolong asli, seharusnya HP Xiaomi tersebut menggunakan ROM MIUI versi stable.

Ciri-ciri dari ROM MIUI versi stable itu adalah memiliki 4 angka dalam menunjukkan serinya. Jadi jika angka versi MIUI di menu about tertulis lebih dari 4 angka, maka kemungkinan besar HP Xiaomi tersebut bukan HP Xiaomi asli.

Bisa jadi, HP Xiaomi tersebut merupakan HP Xiaomi asli namun termasuk HP black market karena tidak masuk melalui proses TKDN.

  1. Cek dengan menggunakan kode USSD *#4636#*#*

Cara mengecek keaslian HP Xiaomi berikutnya yang bisa anda lakukan secara offline adalah dengan memanfaatkan kode USSD *#4636#*#*.

Jika HP Xiaomi yang ada di tangan anda adalah asli, seharusnya setelah anda menekan kode USSD tersebut, anda bisa melihat detail informasi mengenai spesifikasi lengkap dari HP Xiaomi tersebut.

Setelah informasi spesifikasinya sudah ditampilkan, anda hanya perlu cek apakah benar spesifikasinya seperti yang disebutkan oleh penjual.

Hal ini perlu dilakukan mengingat beberapa seri HP Xiaomi memiliki bentuk yang hampir mirip. Dengan melakukan pengecekan spesifikasinya ini, anda juga bisa memastikan bahwa HP Xiaomi yang anda beli memang sesuai dengan seri yang anda inginkan.

  1. Cek dengan mengaktifkan mode developer

Ada satu lagi cara cek keaslian HP Xiaomi yang bisa anda lakukan secara offline. Caranya adalah dengan mengaktifkan mode developer pada HP Xiaomi tersebut.

Pasalnya, hanya HP Xiaomi asli saja yang bisa mengaktifkan mode developer dengan cara khusus. Cara untuk mengaktifkan mode developer pada HP Xiaomi adalah dengan mengetuk pada versi MIUI sebanyak 7 kali.

Anda bisa menemukan informasi versi MIUI tersebut dengan masuk kedalam pengaturan atau setting kemudian pilih menu about atau tentang ponsel.

Setelah itu, cari kolom MIUI version. Ketuk kolom tersebut sebanyak 7 kali dengan cepat. Jika HP Xiaomi tersebut memang asli, maka akan muncul notifikasi “you are now developer” pada bagian bawah layar.

Jika notifikasi tersebut tidak muncul setelah anda mengetuk MIUI version sebanyak 7 kali, maka sudah dapat dipastikan bahwa HP yang ada di tangan anda tersebut adalah HP Xiaomi palsu.

Cara Mengecek Keaslian HP Xiaomi Secara Online

Jika setelah cek menggunakan 4 cara offline ternyata anda masih kurang puas, anda masih bisa cek keaslian HP Xiaomi yang ada di tangan secara online.

Lalu bagaimana cara mengecek keaslian HP Xiaomi secara online tersebut? Cara cek asli tidaknya HP Xiaomi secara online tersebut adalah dengan cek IMEI.

Berikut ini adalah langkah-langkah cek asli tidaknya HP Xiaomi dengan IMEI secara online:

  1. Cek dan catat terlebih dahulu IMEI HP Xiaomi yang ada di tangan anda. Ada bisa dapatkan IMEI HP Xiaomi tersebut dari menu about, dari kemasan HP, dan juga dengan menggunakan kode USSD *#06#.
  2. Setelah mencatat IMEI HP Xiaomi, selanjutnya akses website resmi MI.
  3. Jika sudah masuk kedalam website resminya, masukkan IMEI yang sudah anda catat. Selain itu, masukkan juga kode verifikasi yang tertulis di halaman website tersebut.
  4. Terakhir, klik tombol verify di bagian bawah.
  5. Tunggu prosesnya dan setelah itu, cocokkan informasi yang ditampilkan pada halaman website tersebut dengan spesifikasi HP Xiaomi yang ada di tangan anda.

Jika spesifikasi dan seri HP Xiaomi yang tertulis di halaman website resmi MI tidak sesuai dengan HP yang ada di tangan anda, maka sudah dapat dipastikan bahwa HP Xiaomi tersebut adalah HP Xiaomi palsu.

Bagaimana? Seharusnya sekarang anda sudah tidak mungkin tertipu lagi dengan penjual-penjual HP nakal setelah tahu cara mengecek keaslian HP Xiaomi baik secara offline maupun online.

Pasalnya, 5 cara yang dibahas di dalam artikel ini untuk cek asli tidaknya HP Xiaomi benar-benar sangat akurat dan hampir tidak bisa lagi dikelabui oleh penjual HP nakal.

Share