Cara Mudah Cek Kesehatan Harddisk Laptop yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Hard disk adalah salah satu komponen penting di dalam laptop. Jika hard disk anda mengalami kerusakan, sudah dapat dipastikan anda tidak akan bisa menggunakan laptop anda lagi.

Pasalnya, sistem operasi yang dijalankan laptop itu tersimpan di dalam hard disk. Oleh sebab itu, jika hard disk laptop anda mengalami kerusakan, jelas laptop tidak akan bisa menjalankan sistem operasi lagi.

Karena begitu pentingnya peranan hard disk, maka anda sebagai pengguna laptop sangat disarankan untuk rutin cek kesehatan harddisk anda.

Masalahnya, belum banyak yang mengetahui jika sebenarnya anda bisa cek kesehatan harddisk laptop anda sendiri. Prosesnya sebenarnya sangat sederhana sehingga anda tidak perlu membawa laptop ke service center hanya untuk cek kondisi hard disknya.

cek kondisi kesehatan harddis 1024x709 » Cara Mudah Cek Kesehatan Harddisk Laptop yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

SANYO DIGITAL CAMERA

Mau tau bagaimana caranya melakukan pengecekan kondisi hard disk anda sendiri tersebut? Pelajari lebih lanjut beberapa cara cek kondisi hard disk laptop anda sendiri di dalam artikel ini.

3 Cara Sederhana Untuk Cek Kesehatan Hard Disk Laptop Anda Sendiri

Bagi anda yang ingin menjaga dan merawat hard disk laptop, anda memang perlu melakukan pengecekan kondisi hard disk secara berkala.

Anda bisa cek kesehatan harddisk sendiri dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Menggunakan software dari pabrikan hard disk yang anda gunakan

Ada banyak sekali merek dan juga seri laptop yang dijual di pasaran. Namun jika berbicara mengenai hard disk yang digunakan di dalam laptop, sebenarnya hanya ada beberapa merek hard disk yang biasa digunakan oleh vendor laptop.

Beberapa merek hard disk yang paling sering digunakan oleh vendor laptop adalah seperti WD (Western Digital), Seagate, Hitachi, Samsung, dan juga Toshiba (khusus laptop seri lama).

Cara pertama untuk cek kondisi hard disk di laptop anda yang paling mudah adalah dengan menggunakan software dari pabrikan hard disk itu sendiri.

Jika anda ingin menggunakan cara pertama ini, anda wajib memasang terlebih dahulu software cek kondisi hard disk sesuai dengan merek hard disk di laptop anda.

Untuk mengetahui apa merek hard disk laptop yang anda miliki, anda bisa membongkar casing laptop bagian bawah ataupun melalui menu device manager di dalam sistem operasi.

Setelah menemukan merek hard disk yang digunakan di dalam laptop, selanjutnya anda hanya perlu mengunduh dan memasang software hard disk diagnostic dari website produsen hard disk yang digunakan di dalam laptop anda.

  1. Menggunakan program khusus bawaan sistem operasi Windows

Jika anda pengguna sistem operasi Windows, anda sudah tidak perlu repot-repot mengunduh dan memasang software hard disk diagnostic lagi.

Pasalnya, Windows sudah menyediakan program khusus yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan kondisi hard disk anda.

Cara untuk cek kesehatan harddisk menggunakan program bawaan Windows adalah dengan klik kanan pada drive hard disk laptop yang ingin anda cek kondisinya.

Setelah itu, pilih “properties” dan klik pada bagian tab “tool”. Jika sudah masuk kedalam tab “tool”, anda hanya perlu menekan tombol “check”.

Program bawaan untuk cek kondisi hard disk ini bisa anda gunakan di semua seri sistem operasi Windows.

  1. Menggunakan software pihak ketiga

Bila anda merasa kurang puas dengan hasil pengecekan hard disk laptop menggunakan cara pertama dan kedua, anda bisa melengkapinya dengan menggunakan cara ketiga.

Cara cek kondisi hard disk laptop yang anda miliki ketiga ini menggunakan bantuan software dari pihak ketiga.

Berbicara mengenai software cek hard disk pihak ketiga, anda bisa memilih software berbayar maupun yang gratis. Software yang berbayar jelas bisa memberikan hasil pengecekan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan software gratis.

Namun demikian, sebenarnya pengecekan hard disk menggunakan software gratis saja sudah sangat cukup.

Salah satu software cek hard disk pihak ketiga yang bisa anda gunakan secara gratis adalah Crystal Disk Info. Ukuran file Crystal Disk Info ini cukup kecil yaitu hanya sebesar 4 megabyte saja.

Selain itu, software ini akan terus memonitor kondisi hard disk selama anda menggunakan laptop. Jika hard disk laptop anda mengalami masalah, software ini akan memberikan informasi seketika itu juga.

Yang lebih menarik lagi, Crystal Disk Info ini juga memberikan informasi yang cukup detail seputar hard disk laptop anda. Salah satu informasi penting mengenai hard disk laptop yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan software ini adalah informasi mengenai suhu dan juga nilai RPM hard disk anda.

Jadi bagaimana? manakah cara cek kesehatan harddisk laptop yang paling anda sukai dan akan anda gunakan nanti?