Huawei Mate 30 Pro, Smartphone Android Kelas Flagship Tanpa Aplikasi Google

Huawei akhirnya resmi meluncurkan smartphone kelas flagship barunya yaitu Huawei Mate 30 Pro untuk pasar Cina. Setelah cukup lama dinantikan, akhirnya terjawab juga bahwa Huawei memang meluncurkan Mate 30 series dengan kondisi tanpa dibekali aplikasi Google sebagai imbas dari perseteruan dagang antara US dengan Cina. Namun demikian, Huawei Mate 30 series masih menggunakan sistem operasi Android.

Meskipun tidak dibekali dengan aplikasi bawaan dari Google seperti Google Maps, Playstore, Youtube, Chrome, dan sebagainya, nampaknya Huawei Mate 30 Pro yang jadi salah satu dari Mate 30 Series tetap mendapatkan tanggapan positif dari pasar.

Hal tersebut disebabkan karena spesifikasi dari Huawei Mate 30 Pro serta 2 seri lainnya memang bisa dikatakan diatas rata-rata.

Lalu seperti apakah spesifikasi Huawei Mate 30 Pro dan apa bedanya dengan 2 Mate 30 series lainnya? Cek informasi selengkapnya mengenai Huawei Mate 30 Pro serta 2 Mate 30 Series lainnya di dalam artikel ini.

6.53 Inch Horizontal Display

Ada banyak sekali hal menarik yang perlu dibahas pada Huawei Mate 30 Pro. Namun yang pertamakali perlu dibahas adalah layar yang dibawanya.

Huawei Mate 30 Pro ini dibekali dengan desain layar yang begitu menarik dan terkesan mewah. Pasalnya, layar OLED yang dibenamkan di bagian depan Huawei Mate 30 Pro ini memiliki lekukan yang sangat ekstrim di bagian pinggirnya.

Menurut kabarnya, sudut lengkungan layar OLED Huawei Mate 30 Pro ini adalah sebesar 88 derajat. Hal tersebut jelas membuat layar Huawei Mate 30 Pro benar-benar tanpa bezel.

review spesifikasi fitur harga huawei mate 30 pro 1024x683 » Huawei Mate 30 Pro, Smartphone Android Kelas Flagship Tanpa Aplikasi Google

Desain layar dengan lengkungan di bagian pinggir yang digunakan di Huawei Mate 30 Pro itu disebut dengan desain horizontal display. Dan tampaknya desain layar tersebut akan dipatenkan Huawei.

Bukan hanya desain layarnya saja yang mewah, spesifikasi layar yang dibenamkan juga sudah sesuai dengan kebutuhan jaman sekarang. Layar OLED sebesar 6.53 inch yang dibawa Huawei Mate 30 Pro sudah memiliki resolusi 1.176 piksel X 2.400 piksel.

Selain itu, display Huawei Mate 30 Pro juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti HDR10, DCI-P3 color gamut 100%, Always on Display, under display fingerprint, dan juga sudah mendukung penggunaan M-Pen stylus.

Semua fitur layar yang dimiliki Huawei Mate 30 Pro juga dimiliki pada seri Mate 30 dan Mate 30 Pro 5G. Namun keduanya tidak akan menggunakan jenis layar dengan desain horizontal display seperti Huawei Mate 30 Pro. Mate 30 dan Mate 30 Pro 5G akan menggunakan layar OLED berukuran 6.62 inch.

HiSilicon Kirin 990 dan OS Android 10

Selain dibekali dengan layar yang punya spesifikasi memukau, Huawei Mate 30 Pro juga akan membawa chipset terbaru buatan Huawei sendiri yaitu HiSilicon Kirin 990. Chipset yang difabrikasi menggunakan teknologi 7 nm tersebut baru pertama kali digunakan pada jajaran smartphone Huawei.

Chipset HiSilicon Kirin 990 tersebut dibekali dengan komputasi 8 inti berkonfigurasi 2 inti dengan kecepatan 2.86 Ghz, 2 inti dengan kecepatan 2.09 Ghz, dan 4 inti dengan kecepatan 1.86 Ghz.

Sedangkan untuk pengolahan grafisnya, chipset HiSilicon Kirin 990 yang dibawa Huawei Mate 30 Pro juga sudah dilengkapi dengan GPU Mali G76 MP16.

Pada bagian chipset ini, Huawei Mate 30 Pro membawa chipset yang sama seperti Mate 30. Untuk Mate 30 Pro 5G akan dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 990 5G yang memiliki komputasi sedikit lebih tinggi dari versi biasa.

Untuk urusan sistem operasinya, Huawei Mate 30 Pro dan 2 Mate 30 Series lainnya tetap akan menjalankan sistem operasi Android 10 meskipun tanpa dibekali dengan aplikasi bawaan Google. Sistem operasi Android 10 tersebut akan dilengkapi juga dengan sistem UI EMUI 10 dari Huawei.

Memori Internal UFS3.0

Huawei Mate 30 Pro memang masuk kategori smartphone flagship. Jadi tidak heran jika banyak sekali teknologi terbaru yang dibenamkan di dalamnya.

Selain punya layar yang mewah dan juga membawa chipset seri terbaru, Huawei Mate 30 Pro juga akan dibekali dengan memori internal jenis UFS3.0.

UFS3.0 adalah teknologi memori internal terbaru yang memiliki kecepatan baca dan tulis lebih tinggi dibandingkan dengan UFS2.1.

Untuk kapasitas memori internal dan RAMnya sendiri, Huawei Mate 30 Pro akan tersedia dalam 2 pilihan saja seperti memori internal 128 GB dengan 8 GB RAM dan memori internal 256 GB dengan 8 GB RAM.

Selain itu, Huawei Mate 30 Pro juga menyediakan slot memori eksternal khusus dengan teknologi nano memory yang mendukung hingga kapasitas 256 GB.

Quad Kamera Utama dan Dual Kamera Selfie

Jika dibandingkan dengan 2 Mate 30 Series lainnya, Huawei Mate 30 Pro memang dibekali dengan spesifikasi kamera paling OK.

Meskipun konfigurasinya sama yaitu quad kamera utama dan dual kamera selfie, Huawei Mate 30 Pro membawa lensa kamera yang jauh lebih tinggi spesifikasinya.

Pada bagian belakang, Huawei Mate 30 Pro dibekali dengan 4 buah kamera yang terdiri dari lensa 40 MP jenis wide, lensa 8 MP jenis telephoto dengan fitur OIS dan 3X optical zoom, lensa 40 MP jenis ultrawide, dan 3D ToF kamera.

Yang lebih menariknya lagi, quad kamera di bagian belakang Huawei Mate 30 Pro menggunakan lensa dari Leica serta dilengkapi dengan Dual LED flash.

Sedangkan pada bagian depan, Huawei Mate 30 Pro membawa 2 buah kamera dengan spesifikasi 32 MP jenis wide serta 3D ToF kamera.

Baterai 4500 mAh Dengan Fast Charging 40W

Huawei Mate 30 Pro memang tidak dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas besar. Huawei Mate 30 Pro hanya akan menggendong baterai berkapasitas 4500 mAh.

Hal tersebut disebabkan karena chipset yang dibenamkan di dalam Huawei Mate 30 Pro ini memang terkenal hemat daya. Menurut kabarnya chipset HiSilicon Kirin 990 ini mengkonsumsi daya 50% lebih rendah dari seri chipset dibawahnya.

Oleh sebab itu, kapasitas baterai 4500 mAh saja sudah akan sangat mencukupi kebutuhan supply daya pada Huawei Mate 30 Pro.

Selain itu, Huawei Mate 30 Pro juga masih dibekali dengan fitur fast charging kabel sebesar 40W. Huawei Mate 30 Pro juga masih memiliki fitur fast charging wireless sebesar 27W.

Dan lagi, Huawei Mate 30 Pro ini juga sudah memiliki fitur reverse wireless charging yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai perangkat lain.

Lalu berapa yang harus anda bayar untuk bisa menikmati semua kecanggihan yang ada di dalam Huawei Mate 30 Pro tersebut? Menurut kabarnya, Huawei Mate 30 Pro versi tertinggi yaitu yang memiliki memori internal 256 GB dengan RAM 8 GB dijual dengan harga 17 juta Rupiah.

Namun sayangnya, Huawei Mate 30 Pro masih belum resmi dipasarkan di luar Cina. Kemungkinan besar, Huawei baru akan meluncurkan Huawei Mate 30 Pro secara global pada bulan Oktober 2019 nanti.

Share