Ini 5 Faktor yang Sering Menyebabkan Fitur Fast Charging Smartphone Tidak Bisa Aktif

Cukup banyak fitur baru yang disematkan di smartphone masa kini. Namun dari sekian banyak fitur canggih, ada satu fitur yang setiap hari sangat membantu pengguna smartphone di era sekarang.

Fitur tersebut adalah fitur fast charging. Dengan adanya fitur fast charging, pengguna smartphone sudah tidak perlu menunggu terlalu lama proses pengisian daya baterai. Hanya dalam beberapa menit saja, baterai smartphone yang awalnya kosong sudah terisi sebagian dan bahkan bisa sampai penuh.

Masalahnya, terkadang fitur fast charging yang disematkan di smartphone masa kini juga bisa mengalami masalah. Ketika mengalami masalah, fitur fast charging biasanya tidak mau aktif.

Lalu apa saja sebenarnya faktor yang bisa sebabkan fitur fast charging di smartphone menjadi tidak bisa diaktifkan? Berikut ini adalah 5 macam faktor yang paling sering jadi penyebab fitur fast charging smartphone tidak bisa diaktifkan:

  1. Kabel charger tidak mendukung teknologi fast charging

Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab fitur fast charging smartphone tidak mau aktif saat pengisian daya baterai adalah karena kabel charger yang digunakan salah atau mengalami kerusakan.

Smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging memang tidak bisa menggunakan kabel charger sembarangan. Pasalnya, untuk bisa mengaktifkan fitur fast charging, kabel charger yang digunakan juga harus sudah mendukung fitur tersebut.

Selain itu, jika kabel charger yang digunakan sudah mendukung fitur fast charging namun fitur fast charging tetap tidak bisa aktif, ada kemungkinan kabel charger mengalami kerusakan.

  1. Kepala charger rusak atau tidak mendukung fast charging

Selain masalah kabel charger yang rusak atau tidak mendukung penggunaan fitur fast charging, kepala charger juga bisa menjadi penyebab kenapa fitur fast charging smartphone tidak mau aktif.

Kepala charger juga harus mendukung fitur fast charging jika anda mau smartphone bisa melakukan pengisian daya baterai dengan lebih cepat.

Selain itu, pastikan juga bahwa spesifikasi kepala charger yang digunakan sudah sesuai dengan standard yang diminta oleh pabrikan smartphone yang anda miliki.

Pasalnya, menggunakan kepala charger yang sudah mendukung teknologi fast charging namun spesifikasinya terlalu tinggi atau terlalu rendah juga bisa menyebabkan fitur fast charging di smartphone anda tidak bisa aktif.

  1. Tegangan listrik tidak stabil

Jika bukan disebabkan karena kabel dan juga kepala charger, fitur fast charging smartphone tidak mau aktif bisa juga disebabkan karena masalah tegangan listrik di tempat anda melakukan pengisian daya baterai.

Karena fast charging membutuhkan tegangan yang cukup tinggi untuk mempercepat proses pengisian daya baterai, maka fitur ini baru bisa aktif ketika tegangan listrik benar-benar stabil.

Jika tegangan listrik masih tidak stabil, biasanya memang fitur fast charging smartphone tidak akan bisa aktif. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan pengguna smartphone.

Pasalnya, fast charging yang aktif di tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Dan jika baterai smartphone mengalami kerusakan, ditakutkan bisa memicu ledakan.

  1. Adanya kerusakan pada port pengisian daya baterai

Faktor lain yang juga sering menyebabkan fitur fast charging smartphone tidak mau aktif adalah karena adanya kerusakan pada port pengisian daya baterai.

Ketika port mengalami kerusakan, smartphone terkadang masih bisa melakukan pengisian daya, namun proses pengisian daya baterainya tidak maksimal. Salah satunya karena fitur fast charging tidak bisa aktif.

Jika penyebabnya memang karena port mengalami kerusakan, maka mau tidak mau harus dilakukan penggantian hardware untuk bisa mengaktifkan fitur fast charging di smartphone.

  1. Adanya bug di dalam sistem operasi smartphone

Jika memang tidak ada kerusakan maupun kesalahan penggunaan charger, maka faktor terakhir yang juga bisa menjadi penyebab kenapa fitur fast charging smartphone tidak bisa aktif adalah karena adanya bug di dalam sistem operasi smartphone itu sendiri.

Hal ini biasanya bisa dideteksi dengan sangat mudah dengan cara mematikan smartphone. Jika smartphone bisa melakukan pengisian daya dengan fitur fast charging dalam kondisi mati, maka penyebab kenapa fitur fast charging tidak mau aktif adalah karena adanya bug di dalam sistem operasinya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui sistem operasi yang digunakan di smartphone anda.

Bagaimana? Dari 5 macam faktor yang sering jadi penyebab fitur fast charging smartphone tidak bisa aktif tersebut, manakah yang pernah anda alami?

Beri rating post ini
Share
Ditulis oleh
adminsubscom

Recent Posts

  • Vivo

Usung Chipset Mediatek Helio P34, Vivo Y30 Resmi Meluncur di Indonesia

Di bulan Mei 2020 ini, Vivo secara resmi meluncurkan seri smartphone terbarunya yang diberi nama…

Mei 15, 2020
  • Oppo

Makin Banyak Bocoran, Begini Spesifikasi Smartphone Oppo A92s

Selain Oppo A52, Oppo juga akan meluncurkan smartphone seri A92s di dalam waktu dekat ini.…

April 13, 2020
  • Samsung

Sudah Diuji di Geekbench, Begini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy M01

Di tahun 2020 ini, Samsung tampaknya akan lebih giat dalam menyasar segmen market entry level.…

Maret 24, 2020
  • Xiaomi

Resmi Meluncur di India, Ini Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro Max

Selain Redmi Note 9 dan juga Redmi Note 9 Pro, Xiaomi masih menyimpan satu seri…

Maret 23, 2020
  • Samsung

Galaxy Tab S6 Lite, Tablet Mid Range Terbaru dari Samsung

Setelah Samsung Galaxy Tab S6 cukup sukses di pasaran, raksasa elektronik dari negeri ginseng ini…

Maret 22, 2020
  • Samsung

Muncul di Google Play Console, Samsung Galaxy M11 Pakai SoC Snapdragon 450

Samsung memang dirumorkan akan segera meluncurkan seri smartphone baru di bulan Maret 2020 ini. Salah…

Maret 13, 2020