Ini Penyebab dan Solusi Masalah Harddisk Tidak Bisa Diformat Pada Laptop

Mau install ulang sistem operasi di laptop kesayangan tapi anda sama sekali tidak bisa format hard disk? Harddisk tidak bisa diformat tapi terdeteksi di BIOS laptop?

Masalah tersebut sekilas pasti akan membuat setiap pemilik laptop panik. Pasalnya, masalah tersebut seakan-akan menandakan bahwa hard disk yang ada di dalam laptop tersebut sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru.

Padahal, sebenarnya masih ada banyak sekali cara untuk mengatasi masalah harddisk tidak bisa diformat pada laptop anda tersebut.

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab sampai hard disk laptop anda tidak bisa diformat? Lalu jika hard disk anda tidak bisa diformat, apa yang harus anda lakukan agar bisa memasang sistem operasi baru di dalam laptop anda?

harddisk laptop tidak bisa di - Ini Penyebab dan Solusi Masalah Harddisk Tidak Bisa Diformat Pada Laptop

Mau tau apa saja penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah hard disk laptop yang tidak bisa diformat tersebut? Jika anda mau tau, anda bisa pelajari hal tersebut lebih lanjut di dalam artikel ini.

3 Hal yang Menjadi Penyebab Masalah Harddisk Tidak Bisa Diformat Pada Laptop

Hard disk memang adalah bagian yang bisa dikatakan paling rawan mengalami kerusakan terutama pada laptop. Salah satu gejala hard disk laptop mengalami kerusakan adalah tidak bisa diformat.

Ada banyak sekali penyebab kenapa sebuah hard disk laptop sampai tidak bisa diformat. Berikut merupakan beberapa penyebabnya:

  1. Laptop pernah jatuh atau terbentur sangat keras

Hal pertama yang bisa dikatakan paling sering menjadi penyebab masalah harddisk tidak bisa diformat pada laptop adalah karena laptop pernah jatuh ataupun terbentur sangat keras.

Ketika laptop terjatuh ataupun terbentur, komponen yang paling rawan mengalami kerusakan adalah hard disk. Pasalnya, goncangan sedikit saja pada hard disk dapat menyebabkan piringan cakramnya lecet.

Selain itu, hard disk laptop juga sangat rentan mengalami kerusakan pada bagian tracker ketika terjatuh ataupun terbentur sangat keras.

Ketika piringan cakram ataupun tracker hard disk bermasalah, kemungkinan besar hard disk laptop tersebut tidak akan bisa diformat.

  1. Kondisi hard disk laptop yang sudah cukup berumur

Hard disk laptop tidak bisa diformat tidak hanya terjadi karena laptop pernah jatuh ataupun terbentur saja.

Masalah tersebut juga bisa disebabkan karena usia dari hard disk laptop sendiri. Semakin tua usia laptop anda, maka potensi terjadi kerusakan pada bagian hard disknya akan semakin tinggi.

Hal tersebut disebabkan karena putaran dynamo hard disk lama kelamaan juga akan semakin melemah. Selain itu, tracker hard disk juga kinerjanya akan semakin menurun seiring berjalannya waktu.

Namun demikian, jika hard disk laptop mengalami kerusakan karena faktor usia, biasanya hal tersebut akan ditandai dengan laptop sering hang ketika digunakan.

  1. Kesalahan pengaturan hard disk di BIOS

Hal terakhir yang juga bisa menjadi penyebab kenapa harddisk tidak bisa diformat pada laptop adalah karena mungkin pengaturan di BIOSnya salah.

Terkadang ada beberapa laptop yang mengharuskan hard disk berada pada priority boot untuk bisa diformat. Selain itu, terkadang pengaturan hard disk pada BIOS memproteksi agar tidak ada yang bisa menghapus data di dalam hard disk laptop tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Harddisk Tidak Bisa Diformat Pada Laptop

Jika anda mengalami masalah harddisk tidak bisa diformat pada laptop, apa yang harus anda lakukan? Apakah anda harus membeli hard disk baru untuk laptop anda?

Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah hard disk laptop yang tidak bisa diformat memang adalah menggantinya dengan hard disk baru. Namun sebelum melakukan hal tersebut, sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut merupakan beberapa macam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hard disk laptop yang tidak bisa diformat:

  • Pasang terlebih dahulu driver SATA yang sesuai dengan merek hard disk laptop anda

Cara pertama yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi masalah hard disk laptop yang tidak bisa diformat adalah dengan memasang driver SATA.

Driver SATA yang dipasang harus sesuai dengan merek hard disk laptop anda. Oleh sebab itu, pertama-tama cek terlebih dahulu merek dan tipe hard disk laptop anda di BIOS.

Setelah itu, cari driver SATAnya di website resmi produsen hard disk tersebut. Anda bisa menggunakan smartphone untuk mencari dan mengunduh file drivernya.

Jika anda sudah mendapatkan driver SATA, pindahkan filenya kedalam flashdisk. Hubungkan flashdisk anda dengan laptop.

Masukkan kepingan sistem operasi Windows kedalam ROM laptop. Kemudian, lakukan pemasangan sistem operasi. Ketika memilih hard disk dimana anda mau memasang sistem operasi baru, pilih menu load driver yang berada di kanan bawah layar.

Tunggu proses pemasangan driver SATA sampai selesai. Jika sudah terpasang dan memang hard disk anda tidak mengalami masalah yang cukup parah, seharusnya anda sudah bisa memformat hard disk laptop anda.

  • Format hard disk laptop menggunakan command prompt

Jika masalah harddisk tidak bisa diformat tidak teratasi dengan memasang driver SATA yang sesuai dengan merek hard disk laptop anda, masih ada solusi lain.

Anda masih bisa mencoba memformat hard disk laptop anda tersebut menggunakan bantuan dari command prompt.

Cara untuk memformat hard disk laptop menggunakan command prompt juga dengan masuk terlebih dahulu kedalam menu pemasangan sistem operasi Windows.

Setelah masuk kedalam menu pemilihan hard disk untuk pemasangan sistem operasi Windows, tekan tombol shift dan F10 secara bersamaan untuk mengeluarkan command prompt.

Jika command prompt sudah terbuka, ketik “diskpart” dan tekan enter. Setelah itu, ketikkan “listdisk” dan tekan enter kembali.

Setelah itu, ketikkan “select disk 0” dan tekan enter kembali. Ketikkan “clean” dan tekan enter. Jika berhasil, seharusnya semua partisi hard disk yang dulunya sudah anda buat akan hilang.

Note: semua data di dalam hard disk anda akan hilang ketika memformat menggunakan cara kedua ini. Oleh sebab itu, jika ada data yang cukup penting, backup terlebih dahulu data tersebut sebelum melakukan cara kedua ini.

Jika anda sudah mencoba mengatasi masalah harddisk tidak bisa diformat dengan menggunakan 2 cara tersebut namun hard disk anda tetap tidak bisa diformat, maka kemungkinan besar komponen hard disk anda memang sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Solusi terakhir jika anda masih gagal mengatasi masalah harddisk tidak bisa diformat dengan menggunakan 2 cara tersebut adalah dengan mengganti hard disk laptop dengan yang baru.