Laptop Tidak Bisa Menyala Tetapi Lampu Power Hidup, Ini Beberapa Penyebabnya

Meskipun sangat praktis, laptop ternyata memiliki lebih banyak masalah jika dibandingkan dengan PC. Salah satu masalah yang cukup membingungkan pengguna laptop adalah ketika laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup.

Jika dilihat secara sekilas, memang tidak ada kerusakan pada laptop karena semua lampu indikator, terutama lampu indikator power hidup ketika tombol ON ditekan. Namun masalahnya, layar laptop sama sekali tidak menampilkan apapun.

Lalu sebenarnya apa yang terjadi pada laptop tersebut? Apa saja yang menjadi penyebab masalah laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup tersebut? Bagi anda yang mengalami masalah yang sama, anda bisa pelajari terlebih dahulu apa saja penyebab laptop anda tidak bisa menyala namun lampu indikator powernya tetap hidup di dalam artikel ini.

sebab laptop tidak menyala tapi lampu power hidup » Laptop Tidak Bisa Menyala Tetapi Lampu Power Hidup, Ini Beberapa Penyebabnya

3 Faktor Penyebab Utama Masalah Laptop Tidak Bisa Menyala Tetapi Lampu Power Hidup

Jika anda mengalami masalah laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup, memang masalah tersebut bisa dikategorikan sebagai masalah yang cukup serius. Kemungkinan besar anda memang harus membawa laptop yang anda miliki ke service center.

Pasalnya, masalah tersebut bisa disebabkan karena banyak hal. Oleh sebab itu, kemungkinan besar dibutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan mendalam.

Berbicara mengenai masalah laptop tidak menyala namun lampu indikator power hidup, masalah tersebut bisa disebabkan karena beberapa macam faktor seperti:

  1. Kerusakan pada BIOS laptop

Faktor penyebab masalah laptop tidak bisa menyala namun lampu indikator power hidup yang pertama adalah karena kerusakan pada bagian BIOS.

BIOS adalah satu sistem yang tersimpan di dalam mainboard. Fungsi dari BIOS ini ada banyak sekali. Salah satu fungsinya adalah untuk menjalankan perintah POST (Power On Self Test).

Perintah POST adalah perintah yang selalu dijalankan oleh mainboard setiap kali anda menghidupkan laptop. Setelah BIOS berhasil mendeteksi bahwa semua komponen laptop tidak mengalami masalah, barulah laptop bisa masuk kedalam sistem operasi yang terpasang di dalam hard disk.

Oleh sebab itu, tidak heran jika BIOS mengalami kerusakan, laptop anda tidak akan bisa menyala meskipun lampu indikator power laptop anda menyala.

  1. Kerusakan pada chipset laptop

Selain karena kerusakan pada BIOS, laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada chipset.

Seperti halnya BIOS, chipset juga merupakan hal yang sangat penting di dalam laptop anda. Bedanya, chipset adalah berupa komponen dan jenisnyapun ada banyak.

Fungsi utama chipset di dalam mainboard adalah untuk mengatur aliran daya kedalam semua komponen. Jika ada satu saja chipset yang tidak berfungsi dengan baik, maka sudah dapat dipastikan laptop yang anda miliki juga tidak bisa digunakan secara maksimal dan bahkan tidak bisa dihidupkan.

  1. Kerusakan GPU

Faktor penyebab laptop tidak menyala padahal lampu indikator power hidup juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada GPU.

Yang dimaksud dengan GPU adalah komponen khusus untuk memproses visual atau tampilan pada layar laptop. Jika komponen ini rusak, sudah dapat dipastikan bahwa laptop anda tidak akan bisa menampilkan apapun di layar meskipun laptop sudah dalam kondisi ON.

Memang benar bahwa kerusakan GPU ini sangat kecil kemungkinannya terjadi pada laptop seri terbaru. Pasalnya, mayoritas laptop seri terbaru menggunakan GPU yang digabungkan menjadi satu dalam prosesor.

Namun demikian, kerusakan GPU masih mungkin saja terjadi apalagi jika anda seringkali menggunakan laptop melebihi kapasitas kemampuannya dalam jangka waktu lama.

Meskipun memang anda tidak bisa mengatasi masalah laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup sendiri, namun setidaknya anda sekarang sudah mengetahui apa saja faktor yang bisa memicu masalah tersebut.