Nokia 7.2, Smartphone Android Triple Kamera Dengan Lensa Carl Zeiss

IFA 2019 benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh HMD Global untuk memperkenalkan beberapa seri smartphone Nokia baru di kelas mid level.

Salah satu smartphone yang diperkenalkan di IFA 2019 oleh HMD Global adalah Nokia 7.2. Nokia 7.2 ini memang sudah cukup dinantikan kehadirannya. Pasalnya, Nokia kembali menghadirkan lensa kamera ikoniknya yaitu Carl Zeiss di dalam smartphone tersebut.

Lalu apakah Nokia 7.2 ini hanya unggul dari segi kamera saja? Apa saja spesifikasi lengkapnya? Bagi anda yang tertarik untuk tau lebih banyak mengenai Nokia 7.2, anda bisa simak bocoran spesifikasi lengkap serta perkiraan harganya di dalam artikel ini.

Desain Layar Water Drop dan Kamera Utama di Dalam Lingkaran

Saat melihat Nokia 7.2 pertama kali, memang tampilannya masih terkesan kuno. Kenapa? Karena Nokia 7.2 ini masih menggunakan desain layar dengan notch berbentuk water drop.

Desain layar tersebut bisa dikatakan sudah cukup ketinggalan jaman. Pasalnya, sudah mulai banyak vendor smartphone Android yang mulai meninggalkan desain tersebut dan menggantikannya dengan desain full view.

Nokia 7.2 Smartphone Android Triple Kamera Dengan Lensa Carl Zeiss 1024x512 » Nokia 7.2, Smartphone Android Triple Kamera Dengan Lensa Carl Zeiss

Selain pada bagian layar, di bagian cover belakang bisa dilihat dengan jelas peletakkan 3 buah kamera utama serta 1 buah LED flash dalam sebuah bingkai berbentuk lingkaran. Pemilihan tata letak kamera utama di Nokia 7.2 ini bisa dikatakan cukup unik.

Material Kuat dan Ringan

Selain diunggulkan dari segi kameranya, Nokia 7.2 ini juga dikatakan dibuat menggunakan material spesial. Pada bagian depan dan belakang, Nokia 7.2 ini menggunakan bahan kaca dari Gorilla Glass.

Karena menggunakan material kaca, maka sudah pasti kesan mewah bisa langsung dirasakan ketika melihat pantulan cahaya dari material tersebut.

Pada bagian bodi, Nokia 7.2 ini memang tampak terlihat dibuat menggunakan plastik. Namun sebenarnya material yang digunakan bukanlah plastik.

HMD Global menyatakan bahwa bodi Nokia 7.2 ini dibuat dengan bahan khusus yang memiliki kekuatan 2 kali dari kekuatan bahan polikarbonat. Selain lebih kuat, bahan khusus yang digunakan untuk membuat bodi Nokia 7.2 tersebut juga memiliki berat yang ½ kali lebih ringan dari bahan aluminum.

Untuk masalah ini, memang banyak orang tidak meragukan lagi ketahanan dari perangkat bermerek Nokia.

Display Nokia 7.2

Seperti yang sudah disinggung di awal, Nokia 7.2 ini memang masih menggunakan desain layar yang memiliki notch berbentuk water drop.

Ukuran layar Nokia 7.2 ini adalah sebesar 6.3 inch dengan screen to bodi rasio sebesar 82,4%. Teknologi layar yang digunakan masih IPS LCD. Namun meskipun hanya menggunakan IPS LCD, layar Nokia 7.2 ini sudah dibekali dengan berbagai fitur menarik seperti:

  • Sudah support resolusi full HD+ (1080 X 2280 piksel).
  • Sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3.
  • Sudah support HDR 10.
  • Sudah dilengkapi dengan fitur always on display.

Chipset, CPU, dan GPU Nokia 7.2

Karena menyasar market smartphone kelas menengah, maka sudah dipastikan Nokia 7.2 ini juga dibekali dengan chipset kelas menengah.

SoC yang dibenamkan di dalam Nokia 7.2 ini adalah SoC dari Qualcomm Snapdragon 660 yang sudah memiliki CPU 8 inti (4 inti CPU memiliki kecepatan 2.2 Ghz dan 4 inti CPU memiliki kecepatan 1.7 Ghz). SoC Qualcomm Snapdragon 660 ini disandingkan dengan GPU Adreno 512.

Sistem Operasi Nokia 7.2

Selain dibekali dengan spesifikasi yang OK untuk smartphone kelas mid level, Nokia 7.2 ini juga akan dibekali dengan sistem operasi Android 9 atau Android Pie.

Namun smartphone Nokia 7.2 ini tidak akan menggunakan sistem UI khusus. Jadi sistem UI yang akan digunakan adalah bawaan dari Android sendiri.

Selain itu, HMD Global juga akan memberikan pembaruan sistem operasi Android 10 di Nokia 7.2 dalam beberapa waktu dekat.

Selain itu, HMD Global juga memastikan akan terus memberikan pembaruan sistem pada Nokia 7.2 selama 2 tahun dan pembaruan sistem keamanan selama 3 tahun.

Memori Internal dan RAM Nokia 7.2

Pada bagian penyimpanan data, Nokia 7.2 masih akan membawa memori internal berjenis eMMC dengan pilihan kapasitas sebesar 64 GB dan 128 GB.

Sedangkan pada kapasitas RAM, Nokia 7.2 ini juga akan tersedia dalam 2 pilihan yaitu RAM 4 GB dan RAM 6 GB.

Nokia 7.2 ini juga masih dilengkapi dengan slot memori eksternal yang sanggung menampung microSD dengan kapasitas maksimal 512 GB.

Kamera Utama dan Sekunder Nokia 7.2

Jika ditanya masalah keunggulan dari Nokia 7.2, maka keunggulan pertamanya terletak pada kameranya. Nokia 7.2 ini memang dibekali dengan triple kamera di bagian belakang seperti kebanyakan smartphone Android jaman sekarang.

Namun bedanya, Nokia 7.2 ini menggunakan lensa dari Carl Zeiss yang notabene memang dulu selalu digunakan pada HP merek Nokia.

Pada bagian belakang, Nokia 7.2 ini dibekali dengan 3 buah kamera dengan lensa Carl Zeiss 48 MP sebagai kamera utamanya. Sedangkan 2 kamera pendukungnya terdiri dari lensa 8 MP ultrawide dan lensa 5 MP depth.

Pada bagian depan, Nokia 7.2 ini juga dibekali dengan kamera 20 MP dengan lensa dari Carl Zeiss. Selain itu, semua kamera utama Nokia 7.2 juga sudah dibekali dengan fitur-fitur seperti:

  • Zeiss modern
  • Zeiss swirl
  • Zeiss smooth

Kapasitas Baterai Nokia 7.2

Pada bagian baterai, Nokia 7.2 ini memang tidak dibekali dengan baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas yang besar seperti kebanyakan smarpthone jaman sekarang.

Nokia 7.2 ini hanya akan menggendong baterai Li-Po non removable dengan kapasitas 3500 mAh saja. Namun menurut HMD Global, Nokia 7.2 ini akan dibekali juga dengan sistem pengecasan baterai cepat atau fast charging 10W menggunakan konektor USB tipe C.

Selain itu, ada satu fitur unik yang dimiliki Nokia 7.2 ini pada bagian baterai. Nokia 7.2 ini akan dilengkapi juga dengan fitur AI di bagian baterai bernama adaptive battery.

Dengan adanya fitur tersebut, maka smartphone Nokia 7.2 ini bisa memaksimalkan penggunaan baterai sesuai dengan kebiasaan anda dalam menggunakan smartphonenya.

Nokia 7.2 ini dikabarkan baru akan mulai dipasarkan di market Eropa terlebih dahulu di akhir bulan September 2019 ini. Kisaran harga jualnya untuk Nokia 7.2 RAM 4 GB dan memori internal 64 GB adalah sekitar 4,7 juta Rupiah.

Share