Pahami Perbedaan iPhone Garansi Internasional dan Resmi

IPhone garansi internasional itu memang selalu dikatakan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan IPhone garansi resmi. Menurut banyak orang, IPhone yang memiliki garansi internasional itu jauh lebih mudah klaim garansi jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada perangkatnya.

Lalu apakah hal tersebut memang benar? Apakah memang IPhone yang garansi internasional itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan IPhone garansi resmi saja? Bagi anda yang mau tahu apakah memang IPhone garansi internasional itu jauh lebih baik sehingga dijual dengan harga yang mahal, anda bisa pelajari hal tersebut lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Pro Kontra Seputar IPhone Garansi Internasional dan Resmi

Apakah benar bahwa IPhone garansi internasional itu jauh lebih baik sehingga dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan IPhone dengan garansi resmi?

Sayangnya, IPhone garansi internasional itu sebenarnya tidak ada bedanya jika dibandingkan dengan IPhone garansi resmi dari Indonesia.

perbedaan iphone garansi internasional dan resmi 1024x768 » Pahami Perbedaan iPhone Garansi Internasional dan Resmi

Kenapa tidak ada bedanya? Karena sebenarnya tidak ada istilah garansi internasional tersebut. Apple memang memberikan garansi internasional pada beberapa produknya seperti Mac book. Namun Apple sama sekali tidak mengeluarkan garansi internasional untuk IPhone.

Lalu apa yang selama ini dimaksud dengan garansi internasional oleh penjual IPhone di Indonesia? Apakah penjual mencoba menipu pembeli dengan mengatakan bahwa IPhone yang dijual adalah IPhone dengan garansi internasional?

Apa yang Dimaksud Dengan IPhone Garansi Internasional?

Ya, memang sebenarnya tidak ada istilah IPhone garansi internasional. Pasalnya, Apple memang langsung menjual IPhone dengan garansi resmi masing-masing negara saja.

Jadi jika dijual di Indonesia, IPhone langsung mendapatkan garansi resmi. Dan garansi resmi tersebut hanya bisa digunakan di Indonesia saja. Intinya, IPhone yang anda beli hanya bisa digaransikan di negara dimana anda membelinya.

Bila anda membeli IPhone tersebut di negara Jepang, maka anda hanya bisa menggaransikannya di negara tersebut saja. Jadi anda tidak bisa menggaransikan IPhone yang anda beli dari Jepang di Indonesia.

Jika begitu, lalu apa yang dimaksud dengan IPhone garansi internasional? Secara mudahnya, IPhone yang dikatakan memiliki garansi internasional oleh penjual itu adalah IPhone yang dibeli dari luar negeri.

Jadi secara mudahnya, IPhone yang disebut-sebut punya garansi internasional itu sebenarnya justru adalah IPhone black market atau IPhone yang didatangkan ke Indonesia tanpa membayar pajak bea masuk.

Secara fisik, memang IPhone yang dikatakan punya garansi internasional tersebut memang IPhone asli. Namun jika dicek lebih lanjut, sebenarnya IPhone tersebut adalah barang illegal dan justru akan sangat merugikan pembeli.

Pasalnya, anda kemungkinan besar akan kesulitan untuk klaim garansi ketika terjadi kerusakan pada IPhone tersebut selama masa garansi masih berlaku. Selain itu, kemungkinan besar IPhone bergaransi internasional tersebut juga tidak akan bisa digunakan ketika pemerintah Indonesia sudah benar-benar memblokir IMEI HP illegal.

Kelebihan Membeli IPhone Dengan Garansi Resmi

Meskipun tampaknya jauh lebih keren, namun faktanya IPhone garansi internasional itu tidak lebih baik dari IPhone yang dijual dengan garansi resmi di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan membeli IPhone dengan garansi resmi jika dibandingkan dengan membeli IPhone dengan iming-iming garansi internasional dari penjual:

  1. IPhone dengan garansi resmi sudah pasti asli

IPhone yang dijual dengan garansi resmi di Indonesia itu sudah dapat dipastikan merupakan produk asli dari Apple.

Jadi anda sudah tidak perlu lagi repot-repot cek keaslian produknya. Selama produk tersebut memiliki garansi resmi, 100% produk tersebut adalah produk asli.

  1. Mudah dalam proses klaim

Karena anda membeli IPhone dengan garansi resmi di Indonesia, maka jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada IPhone anda selama masa garansi, anda bisa dengan mudah mengajukan klaim.

Berbeda halnya dengan IPhone yang katanya memiliki garansi internasional. Anda mau tidak mau harus terbang terlebih dahulu ke negara dimana garansi IPhone tersebut diterbitkan jika mau klaim garansi.

Bukannya untung kemungkinan besar anda justru akan rugi berkali-kali lipat hanya untuk klaim garansi.

  1. Bukan produk bundling

Selain dijamin keasliannya, IPhone dengan garansi resmi itu bukanlah produk bundling.

Apa yang dimaksud dengan produk bundling? Yang dimaksud dengan produk bundling adalah produk yang dijual bersamaan dengan produk lain.

Pada IPhone ini, biasanya memang dijual bersamaan dengan provider tertentu. Jika anda membeli IPhone garansi internasional, kemungkinan besar IPhone tersebut biasanya sudah terkunci dengan provider tertentu.

Berbeda halnya ketika anda membeli IPhone garansi resmi di Indonesia. Anda bisa bebas menggunakan provider apapun di IPhone anda. kenapa? Karena biasanya IPhone yang dijual dengan metode bundling itu garansinya adalah garansi distributor saja.

  1. IMEI terdaftar sebagai produk yang dijual dan digunakan di Indonesia

Satu lagi kelebihan dari membeli IPhone dengan garansi resmi dibandingkan dengan IPhone garansi internasional adalah IMEI IPhone anda tersebut sudah terdaftar sebagai IMEI dari ponsel yang dijual di Indonesia.

Dengan begitu, IPhone anda tidak akan diblokir ketika pemerintah mulai membatasi penyebaran HP black market di kemudian hari nanti.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan bahwa selama ini anda hanya dikibulin saja oleh penjual HP?

Sudah paham bukan bahwa IPhone garansi internasional yang dijual tersebut sebenarnya harganya sangat murah namun dijual dengan harga yang tinggi?

Mulai sekarang, pastikan beli IPhone di IBOX atau iStore saja. Jikalaupun anda mau membeli IPhone bekas, ada baiknya beli saja IPhone refurbished resmi. Pasalnya, IPhone dengan garansi resmi itu sudah pasti legal.

Share