Siap Diluncurkan, Nokia C2 Akan Gunakan SoC dari UNISOC dan Mendukung Jaringan 4G

2 min read

bocoran fitur spek hp android nokia c2 » Siap Diluncurkan, Nokia C2 Akan Gunakan SoC dari UNISOC dan Mendukung Jaringan 4G

Desember 2019 lalu, HMD Global berhasil menghidupkan kembali seri Nokia legendaris yaitu seri C. HMD Global meluncurkan smartphone Nokia seri C1 di bulan Desember 2019 lalu sebagai smartphone entry level. Karena masuk kedalam kelas entry level, sudah dapat dipastikan Nokia C1 tidak dibekali dengan spesifikasi yang begitu memukau.

Namun, tidak lama lagi HMD Global dikabarkan akan segera meluncurkan penerus smartphone seri C1 tersebut dengan nama Nokia C2.

Lalu apa saja yang berbeda antara Nokia C2 dengan C1 yang sudah lebih dulu meluncur ke pasaran? Apakah Nokia C2 juga masih berada di segmen smartphone entry level seperti pendahulunya? Baca detailnya lebih lengkap di artikel ini.

Display 5.45 Inci Dengan Bezel yang Masih Cukup Tebal

Menurut informasinya, Nokia C2 tidak akan mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan seri C1 yang sudah lebih dulu diluncurkan.

Oleh sebab itu, pada bagian displaynya, Nokia C2 ini masih menggunakan display yang sama dengan pendahulunya yaitu display berukuran bentang diagonal 5.45 inci. Desain display yang digunakan juga terbilang biasa saja karena masih memiliki bezel yang cukup tebal, terutama di bagian atas dan juga di bagian bawah.

Namun meskipun desain displaynya masih terlihat cukup ketinggalan jaman, Nokia C2 ini sudah menggunakan panel tipe IPS LCD dengan kerapatan piksel 197 ppi dan sudah mampu mendukung resolusi 480 X 960 piksel.

Dipersenjatai Dengan Chipset dari UNISOC

Karena menyasar segmen entry level, sudah dapat dipastikan jika Nokia C2 juga tidak akan menggunakan chipset buatan vendor besar seperti Qualcomm ataupun Mediatek.

Untuk bisa mengakomodasi harga yang murah, Nokia C2 juga kemungkinan besar akan menggunakan chipset yang serupa seperti yang digunakan di seri C1.

Chipset yang akan dibenamkan di dalam Nokia C2 ini kemungkinan besar adalah chipset besutan UNISOC. Namun meskipun hanya menggunakan chipset buatan UNISOC, CPU di dalam chipset tersebut sudah memiliki 4 inti dan kecepatan maksimalnya adalah 1.3 Ghz.

bocoran fitur spek hp android nokia c2 » Siap Diluncurkan, Nokia C2 Akan Gunakan SoC dari UNISOC dan Mendukung Jaringan 4G

Selain chipset UNISOC, Nokia C2 ini juga dipastikan akan dibekali dengan RAM 1 GB persis sama seperti seri pendahulunya. Sedangkan untuk penyimpanan datanya, Nokia C2 ini dikabarkan juga masih memiliki memori internal berkapasitas 16 GB.

Namun meskipun kapasitas memori internalnya sangat kecil, Nokia C2 ini dilengkapi dengan slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 64 GB.

Untuk sistem operasinya, Nokia C2 ini dikabarkan juga masih menggunakan sistem operasi Android versi 9 atau Android Pie. Namun karena spesifikasi Nokia C2 bisa dikatakan cukup minim, maka sistem operasi yang dibenamkan di dalam smartphone entry level ini adalah versi Go.

Dibekali Dengan Kamera Tunggal di Depan dan Belakang

Karena masuk kedalam segmen entry level, sudah dapat dipastikan jika Nokia C2 ini tidak dilengkapi dengan fitur kamera spesial.

Yang pasti, Nokia C2 ini masih dibekali dengan kamera. Namun kamera yang dibenamkan di dalam Nokia C2 ini hanyalah kamera tunggal baik di bagian depan maupun di bagian belakang.

Kamera yang disematkan di bagian depan maupun di bagian belakang juga memiliki spesifikasi yang sama yaitu 5 MP. Hanya saja, kamera yang terpasang di bagian belakang dijadikan satu modul dengan LED flash.

Kapasitas Baterai Kurang dari 3.000 mAh

Dikarenakan spesifikasi yang dibawa Nokia C2 ini memang tidak begitu spesial, maka sudah pasti kapasitas baterai yang digendongnya juga tidak terlalu besar.

Nokia C2 ini bisa dikatakan menggendong baterai jenis Li-Po yang kapasitasnya sangat kecil yaitu kurang dari 3.000 mAh. Kapasitas baterai yang digendong Nokia C2 ini pastinya adalah 2.500 mAh saja.

Namun meskipun baterainya tidak terlalu besar, Nokia C2 ini masih bisa dikatakan cukup irit karena memang spesifikasinya tidak terlalu membutuhkan konsumsi daya baterai yang berlebihan.

Lalu apa yang membuat Nokia C2 ini berbeda dari seri sebelumnya? Perbedaan utama dari Nokia C2 dengan seri C1 adalah pada dukungan jaringan 4G. Nokia C2 ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G. Sedangkan Nokia C1 belum mendukung penggunaan jaringan 4G.

Namun kemungkinan besar akan ada sedikit perubahan pilihan warna juga untuk Nokia C2 nanti. Lalu kapan Nokia C2 ini akan diluncurkan? Nokia C2 awalnya direncanakan untuk meluncur di MWC 2020, namun karena acara tersebut dibatalkan, kemungkinan besar HMD Global akan meluncurkan Nokia C2 ini dengan membuat event khusus.

Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui kapan rencananya Nokia C2 ini akan diluncurkan. Namun melihat Nokia C2 sudah memasuki proses sertifikasi di Thailand dan juga Malaysia, itu artinya sebentar lagi HMD Global akan meluncurkan seri C2 ini.