Belanja COD: Ikuti 6 Tips Ini Agar Tidak Rugi

1 min read

tips belanja cod
belanja cod » Belanja COD: Ikuti 6 Tips Ini Agar Tidak Rugi

Tips belanja COD. Penyedia layanan logistik prihatin dengan para ibu viral yang mengutuk kurir ketika mereka berbelanja online menggunakan metode cash on delivery (COD).

Berikut beberapa pedoman dan etika berbelanja COD.

Apa konsep utama yang harus dipahami pembeli untuk melakukan pembelian COD yang terinformasi?

Sejauh mana peran kurir dalam menyelesaikan tugas antar paket melalui sistem COD?

Bagaimana transaksi COD yang ideal antara pembeli dan penjual agar kedua belah pihak terpenuhi?

Di bawah ini, kami telah merangkum beberapa informasi terpenting dan tips COD.

Apa Itu COD?

COD (cash on delivery) adalah metode pembayaran on the spot dalam transaksi belanja online, yaitu ketika pembeli ingin memastikan barang sampai di tangan sebelum melakukan pembayaran kepada penjual.

Penting untuk dicatat bahwa peran kurir dalam skenario ini semata-mata sebagai mitra kurir yang bertugas mengirimkan paket dan bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Kurir akan mengambil barang dari penjual dan mengantarkannya ke rumah pembeli, menerima pembayaran tunai dari pembeli di tempat setelah paket dikirimkan.

Kemudian menyerahkan uang tunai tersebut kepada penjual setelah transaksi berhasil dan selesai.

1. Peran Pembeli, Penjual dan Kurir dalam Belanja Online Secara COD

Sebelum menyelesaikan pembelian online, pembeli dan penjual harus mencapai kesepakatan tentang detail pesanan, yang meliputi jenis produk, warna, ukuran, harga barang, alamat pengiriman, ongkos kirim, dan mitra kurir yang akan dipilih untuk layanan COD.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus disepakati kedua belah pihak, yaitu kebijakan pengembalian barang jika pesanan tidak sesuai setelah pembeli menerimanya.

Hasilnya, baik pembeli maupun penjual puas dengan transaksinya, dan kurir tenang dalam menjalankan tanggung jawabnya.

2. Pahami Kesepakatan dan Aturan yang Ditetapkan oleh Penjual (dan Pembeli)

Dalam transaksi COD, apabila pembeli menerima barang atau paket yang tidak sesuai dengan pesanan atau berbeda dengan yang diharapkan, maka pembeli dapat mengajukan keluhan kepada penjual agar dapat diselidiki, selama pembeli tetap membayar. barang ke kurir.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan isi paket telah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual dalam hal ini, dan bukan tanggung jawab kurir untuk menentukan isi paket tersebut.

3. Jika Barang Tidak Sesuai Pesanan

Pembeli harus memahami bahwa mitra kurir yang tugasnya mengirimkan pesanan dengan aman ke tangan pembeli dan wajib memastikan bahwa isi paket tidak rusak selama proses pengiriman.

Jika pembeli menyelesaikan transaksi di platform e-niaga, pengembalian barang diatur oleh kebijakan yang diterapkan oleh e-niaga tersebut.

Namun jika pembeli bertransaksi langsung dengan pembeli melalui platform social commerce seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lainnya, pembeli dapat mengembalikan barang sesuai dengan kesepakatan pembeli.

4. Pilih Penjual / Toko Online yang Bereputasi Bagus

Biasanya, toko online dengan rekam jejak yang baik bisa dilihat di kolom komentar masing-masing produk, serta jumlah bintang dan penilaian konsumen lainnya.

Selanjutnya di beberapa marketplace ternama biasanya terdapat fitur chat dengan penjual, dimana konsumen dapat menuliskan pesan untuk membujuk penjual agar mengirimkan barang sesuai dengan apa yang ada di aplikasi untuk memenuhi ekspektasi.

5. Pahami Persyaratan Berbelanja

Setiap situs e-niaga memiliki serangkaian syarat dan ketentuannya sendiri.

Konsumen harus mewaspadai beberapa faktor, antara lain harga pembelian minimum dan maksimum, penyedia layanan logistik yang bekerjasama, dan wilayah cakupan layanan pengiriman.

6. Gunakan Custumer Care

Jika Anda menemui masalah saat menerima barang dan / atau melakukan pembayaran COD, layanan customer care mungkin bisa menjadi pilihan.

Customer service biasanya menjanjikan respon atau feedback yang cepat dalam 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan hingga 2×24 jam.

Itulah 6 kiat belanja COD yang bisa diterapkan, semoga membantu kegiatan jual beli Anda.