Tips Memakai Fitur Fast Charging Agar Usia Baterai Smartphone Jadi Lebih Panjang

Smartphone zaman sekarang memang mulai banyak yang dibekali dengan fitur pengisian daya cepat atau lebih dikenal dengan istilah fast charging. Secara garis besar, fitur fast charging tersebut memang akan memberikan cukup banyak manfaat bagi pengguna smartphone. Salah satu manfaatnya adalah dapat mempersingkat waktu tunggu untuk mengisi daya baterai.

Namun sayangnya, banyak pengguna smartphone yang masih belum paham mengenai bagaimana sebaiknya menggunakan fitur bawaan smartphone tersebut dengan benar. Padahal, fitur fast charging akan sangat merugikan jika sampai digunakan tidak sesuai dengan yang dianjurkan. Salah satu kerugian menggunakan fitur fast charging secara asal-asalan adalah usia pakai baterai smartphone akan lebih singkat.

Dan yang lebih parahnya lagi, smartphone bisa terbakar ketika sedang diisi daya baterainya. Semua itu bisa terjadi hanya karena pengguna salah dalam menggunakan fitur fast charging di dalam smartphonenya.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut dengan benar? Anda bisa pelajari lebih lanjut tips untuk menggunakan fitur fast charging yang benar agar bisa memperpanjang usia pakai baterai smartphone anda di dalam artikel ini.

Ini 5 Tips Menggunakan Fitur Fast Charging Dengan Benar Untuk Memperpanjang Usia Pakai Baterai Smartphone

Jika anda memiliki smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut dengan benar.

panduan menggunakan fitur fast charging agar usia baterai smartphone awet » Tips Memakai Fitur Fast Charging Agar Usia Baterai Smartphone Jadi Lebih Panjang

Berikut ini adalah tips untuk menggunakan fitur fast charging di smartphone jaman sekarang dengan benar:

  1. Pastikan hanya menggunakan charger orisinil ketika anda mengaktifkan fitur fast charging

Jika anda mau menggunakan fitur fast charging di smartphone, pastikan charger yang anda gunakan juga charger orisinil.

Kenapa? Karena jika charger yang anda gunakan bukanlah charger orisinil, kemungkinan besar fitur fast charging tidak bisa berfungsi. Jikalaupun bisa berfungsi, maka ada kemungkinan lonjakan daya yang berpotensi merusak cell di dalam baterai smarpthone anda.

  1. Hindari melakukan pengisian daya full cycle dengan menggunakan fitur fast charging

Fitur fast charging memang bisa dengan cepat mengisi daya baterai smartphone dari kosong hingga 100%.

Namun jika anda tidak ingin baterai smartphone menjadi lebih pendek usia pakainya, anda lebih disarankan hanya menggunakan fitur fast charging secara partial saja.

Yang dimaksud dengan partial adalah jangan menggunakan fitur fast charging untuk melakukan pengisian daya baterai dari kosong hingga 100%.

Melakukan pengisian baterai full cycle seperti itu dengan menggunakan fitur fast charging akan mempercepat kerusakan cell baterai, apalagi jika dilakukan hampir setiap hari.

  1. Dilarang melakukan pengisian daya baterai dengan menggunakan fitur fast charging selama semalaman penuh

Fitur fast charging adalah fitur yang dibuat khusus untuk mempercepat proses pengisian daya baterai. Oleh sebab itu, fitur ini tidak disarankan digunakan untuk melakukan pengisian daya baterai selama semalaman penuh.

Jika sampai anda mengisi baterai smartphone dengan menggunakan fitur fast charging selama semalaman penuh, hal tersebut tidak hanya berpotensi merusak cell baterai smartphone anda saja.

Namun hal tersebut juga bisa menyebabkan smartphone anda terbakar dan juga meledak. Pasalnya, selama proses pengisian daya baterai dengan menggunakan fitur fast charging, baterai akan jauh lebih panas dari biasanya.

  1. Hindari menggunakan smartphone untuk bermain game atau menonton video ketika sedang diisi daya baterainya dengan fitur fast charging

Selain melakukan full cycle dengan fitur fast charging, andapun sebisa mungkin disarankan tidak menggunakan smartphone untuk bermain game ataupun menonton video selama sedang diisi daya baterainya dengan fitur fast charging.

Kenapa anda disarankan untuk tidak bermain game dan menonton video di smartphone yang sedang diisi baterainya dengan fitur fast charging? Hal tersebut disebabkan karena bermain game dan menonton video di smartphone sambil diisi daya baterainya itu bisa memicu mini cycle.

Mini cycle ini berpotensi meningkatkan suhu baterai. Jika suhu baterai meningkat, dikhawatirkan cell-cell baterai akan rusak dan bahkan berpotensi meledak.

  1. Stop pengisian daya baterai menggunakan fitur fast charging di 80%

Jika anda benar-benar ingin memperpanjang usia pakai baterai smartphone, anda disarankan untuk berhenti menggunakan fitur fast charging ketika baterai sudah terisi 80%. Setelah itu, sisanya bisa diisi dengan melakukan proses charging biasa.

Fitur fast charging memang adalah satu fitur yang bisa sangat membantu pengguna smartphone jaman sekarang. Namun jika terus menerus digunakan tanpa aturan yang jelas, cepat atau lambat fitur tersebut justru akan merusak baik baterai dan smartphone itu sendiri.

Oleh sebab itu, jika anda tidak mau masa pakai baterai smartphone anda menurun lebih cepat, pastikan untuk selalu terapkan 5 tips yang sudah dibagikan di dalam artikel ini ya setiap kali anda mengisi daya baterai smartphone anda.

Share