Waspadalah! Ini 6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu

Sama halnya dengan komputer, smartphone android juga bisa terjangkiti virus. Virus di smartphone android ini jenisnya ada yang sampai merusak sistem. Bahkan tidak tanggung-tanggung mampu mencuri data yang tersimpan dan menyebarkannya untuk kepentingan tertentu. Oleh sebab itu sebagai pengguna android kita mesti perlu waspada agar smartphone tidak sampai terinfeksi virus yang merusak. Biasanya virus bisa masuk ke smartphone melalui beberapa cara. Salah satunya dari aplikasi yang kita unduh melalui website yang tidak jelas kredibilitasnya.

Selain itu virus juga bisa muncul melalui aplikasi yang menyamar, file unduhan seperti MP3 dan MP4 juga bisa menjadi tempat sebuah virus mendompleng. Jenis virus yang merusak android tentu wajib diwaspadai agar kita selalu antisipasi untuk berbagai hal yang tidak diinginkan. Anda mesti tahu bagaimana ciri-cirinya agar penanganan yang anda lakukan lebih mudah dan tepat. Berikut ini uraian selengkapnya untuk jenis virus yang bisa merusak smartphone android.

6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu » Waspadalah! Ini 6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu

Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android

  1. Engriks

Jenis virus satu ini biasanya muncul dengan tanda pesan pop-up “Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped”. Pop-up semacam ini akan terus muncul disertai dengan berbagai peringatan aneh lainnya. Virus semacam ini mampu menginfeksi sistem operasi android kamu. Biasanya virus satu ini kerap mendompleng melalui situs-situs dewasa. Untuk mengatasi jenis virus satu ini sebaiknya flash ulang smartphone kamu.

  1. Cyber.Police

Sama seperti Engriks, Cyber.Police juga bisa menginveksi smartphone melalui situs-situs dewasa. Smartphone yang telah terinfeksi jenis virus satu ini biasanya tidak bisa dibuka karena terkunci oleh pesan pop-up yang terus menerus muncul di layar smartphone. Biasanya pop-up tersebut juga berisi ancaman dimana kamu mesti membayar sejumlah uang jika ingin semua data terselamatkan.

  1. Android Power Off Hijack

Virus semacam ini bisa dikenali jika android kamu tiba-tiba mati meskipun baterai masih dalam keadaan penuh. Selagi smartphone mati, maka virus akan bekerja menggunakan telfon, SMS hingga mengakses kamera kamu. Jenis virus satu ini sangat berbahaya karena tidak hanya merusak smartphone namun bisa membuat data dan segala hal yang ada di smartphone kamu disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

  1. Stagefright

Penyebaran virus semacam ini dengan cara mendompleng melalui konten MP3 maupun MP4. Ketika pengguna melihat file tersebut maka pada saat itulah android akan terinfeksi oleh virus tersebut. Jika ponsel telah terinfeksi maka akibatnya seluruh data yang tersimpan di android akan disalahgunakan oleh pihak tertentu. Virus tersebut mampu mengakses seluruh perangkat android tanpa diketahui pemiliknya. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan.

  1. Obad

Virus semacam ini akan membuat kamu sering kehilangan pulsa dan smartphone sering mengalami hang. Virus semacam ini menginfeksi smartphone secara menyeluruh. Biasanya jika kamu mengunduh aplikasi di halaman tertentu maka virus satu ini akan menyerang smartphone kamu. Tentu hal yang merugikan dan mampu merusak smartphone jika Obad terus menyedot pulsa dan membuat smartphone menjadi sering mengalami lag.

  1. Hipposms

Virus satu ini bekerja mengambil alih sistem SMS yang ada di smartphone kamu kemudian secara otomatis akan mendaftarkan ke fitur SMS berbayar. Tentu hal yang mengesalkan jika tanpa kita ketahui secara otomatis pulsa tersedot karena SMS berbayar tersebut. Jenis virus satu ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi android. Untuk menyelamatkan ponsel agar tidak semakin terinfeksi, sebaiknya lakukan factory reset kemudian ganti juga SIM card dengan nomor yang baru.

Demikian beberapa jenis virus yang bisa merusak android kamu. Semoga selalu waspada dan lakukan langkah antisipasi agar gadget anda tidak mudah terjangkit virus yang merugikan.