Xiaomi Mi 9 Pro, Smartphone Android 5G Termurah di Pasaran

Xiaomi akhirnya meluncurkan penerus dari Mi 9 yaitu Mi 9 Pro. Sekilas memang tampilan Mi 9 Pro tampak serupa dengan tampilan Mi 9. Namun ternyata, Xiaomi Mi 9 Pro membawa cukup banyak peningkatan jika dibandingkan dengan Mi 9 pendahulunya.

Beberapa macam peningkatan yang bisa ditemukan di Xiaomi Mi 9 Pro dari pendahulunya adalah pada bagian dukungan teknologi jaringan 5G serta pada bagian chipsetnya.

Mau tau apa lagi yang mendapatkan peningkatan pada Xiaomi Mi 9 Pro? Bagi anda yang tertarik ingin mengetahui seperti apa spesifikasi dari Xiaomi Mi 9 Pro serta berbagai macam peningkatan fiturnya dari Mi 9, anda bisa baca informasi lengkapnya di dalam artikel ini.

Layar Super AMOLED 6.39 Inch Masih Dengan Desain Poni

Pada bagian layar dan bodi, Xiaomi Mi 9 Pro memang bisa dikatakan masih mirip dengan seri Mi 9 sebelumnya.

Untuk bodinya, Xiaomi Mi 9 Pro dibuat menggunakan material aluminium yang sama dengan yang digunakan di Mi 9.

Sedangkan untuk layarnya sendiri, Xiaomi Mi 9 Pro juga masih membawa layar berukuran 6.39 inch dengan desain poni. Untuk panel yang digunakan di Xiaomi Mi 9 Pro juga masih sama yaitu Super AMOLED.

review fitur harga spesifikasi xiaomi mi 9 pro 1024x644 » Xiaomi Mi 9 Pro, Smartphone Android 5G Termurah di Pasaran

Layar Super AMOLED 6.39 inch Xiaomi Mi 9 Pro juga memiliki aspek rasio sebesar 19.5:9 dan sudah mendukung resolusi FHD+. Selain itu, Xiaomi Mi 9 Pro juga dibekali dengan beberapa fitur yang sama seperti pendahulunya seperti fitur DCI P3 dan fitur HDR10.

Namun meskipun tampaknya layar Xiaomi Mi 9 Pro serupa seperti Mi 9, layar Xiaomi Mi 9 Pro menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass yang serinya lebih tinggi yaitu seri 6. Sedangkan pada Mi 9 masih menggunakan Corning Gorilla Glass seri 5.

SoC Meningkat dari SD 855 ke SD 855+

Dari segi dapur pacunya, Xiaomi Mi 9 Pro memang terasa tidak begitu mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Mi 9.

Namun jika dilihat lebih detail lagi, jeroan yang digunakan di Xiaomi Mi 9 Pro ternyata mengalami peningkatan. Untuk bagian SoC, Xiaomi Mi 9 Pro menggunakan SoC dari Qualcomm Snapdragon 855+ yang sudah difabrikasi menggunakan teknologi 7 nm.

Karena menggunakan SD 855+, sudah pasti ada peningkatan sedikit pada kecepatan maksimal CPU. Xiaomi Mi 9 Pro memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 2.96 Ghz.

Sedangkan pada bagian pengolah grafis, Xiaomi Mi 9 Pro memang masih menggunakan GPU yang sama seperti Mi 9 yaitu Adreno 640.

Peningkatan tidak hanya terjadi pada SoC saja. Xiaomi Mi 9 Pro juga mengalami peningkatan pada pilihan kapasitas ROM dan RAM. Xiaomi Mi 9 Pro tersedia dalam beberapa pilihan ROM dan RAM seperti 128 GB ROM dan 8 GB RAM, 256 GB ROM dan 8 GB RAM, 256 GB ROM dan 12 GB RAM, kemudian terakhir 512 GB ROM dan 12 GB RAM.

Sebagai tambahan, Xiaomi Mi 9 Pro juga mengalami peningkatan pada segi sistem operasi dan juga sistem antarmukanya. Xiaomi Mi 9 Pro akan menjalankan sistem operasi Android 10 dengan sistem antarmuka MIUI 11.

Dan yang terakhir pada bagian jeroan, Xiaomi Mi 9 Pro juga akan dibekali dengan modem X50 Qualcomm sehingga sudah bisa menggunakan jaringan 5G. Namun demikian, Xiaomi Mi 9 Pro juga masih bisa menggunakan jaringan 4G.

Spesifikasi Kamera Tidak Mengalami Peningkatan

Meskipun mengalami peningkatan pada sektor jeroannya, sayangnya Xiaomi Mi 9 Pro tidak mengalami peningkatan apapun pada sektor kameranya.

Xiaomi Mi 9 Pro masih akan membawa triple kamera di bagian belakang dengan konfigurasi lensa jenis wide beresolusi 48 MP, lensa jenis telephoto 2x optical zoom dengan resolusi 12 MP, dan lensa jenis ultrawide dengan resolusi 16 MP.

Sedangkan pada bagian depan, Xiaomi Mi 9 Pro juga masih dibekali dengan 1 buah kamera selfie dengan lensa resolusi 20 MP saja.

Desain Audio yang Terbaik dari Semua Seri Mi

Meskipun tidak mendapatkan peningkatan apapun pada bagian kamera, Xiaomi Mi 9 Pro justru mendapatkan peningkatan pada bagian audionya.

Dikabarkan Xiaomi Mi 9 Pro menggunakan desain chamber audio yang jauh lebih baik. Dan bahkan, desain desain chamber audio terbaru tersebut, Xiaomi Mi 9 Pro dinyatakan sebagai seri Mi dengan kualitas audio terbaik.

Baterai Xiaomi Mi 9 Pro Meningkat Drastis

Selain dari jeroannya, Xiaomi Mi 9 Pro juga mengalami peningkatan begitu pesat pada bagian baterainya.

Xiaomi Mi 9 Pro akan menggendong baterai jenis Li –Po non removable dengan kapasitas yang lebih besar dari pendahulunya yaitu 4000 mAh.

Selain itu, Xiaomi Mi 9 Pro juga akan dibenamkan berbagai fitur untuk mendukung pengisian baterai seperti fitur fast charging kabel 45W, fitur fast charging wireless 30W, dan juga fitur reverse charging 10W yang dulu tidak dimiliki Mi 9.

Xiaomi Mi 9 Pro sebenarnya sudah mulai dijual di Cina dengan kisaran harga termurah mulai dari 7 jutaan Rupiah dengan 2 pilihan warna yaitu dream white dan titanium black. Sayangnya, 100 unit pembeli Xiaomi Mi 9 Pro pertama dikabarkan bisa mendapatkan perangkat ini dalam kurun waktu 3 hari. Namun sisanya harus rela menunggu hingga tanggal 31 Oktober 2019 nanti.

Share